Tautan-tautan Akses

India Hukum Penjara Seumur Hidup Supir Uber yang Perkosa Penumpang


Polisi India mengamankan Shiv Kumar Yadav (tengah, baju hitam) dari amukan massa, setelah keluar dari pengadilan di New Delhi (foto: dok).
Polisi India mengamankan Shiv Kumar Yadav (tengah, baju hitam) dari amukan massa, setelah keluar dari pengadilan di New Delhi (foto: dok).

Seorang supir Uber di New Delhi, Shiv Kumar Yadav, dihukum seumur hidup setelah divonis bersalah memperkosa seorang penumpangnya.

Sebuah pengadilan di India telah menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup terhadap Shiv Kumar Yadav yang didakwa memperkosa seorang penumpang sewaktu ia menjadi supir Uber.

Hukuman terhadap Shiv Kumar Yadav itu adalah hukuman maksimum yang diancamkan terhadapnya setelah bulan lalu ia divonis bersalah atas beberapa tuduhan kejahatan, di antaranya mengintimidasi, menculik dan membahayakan nyawa perempuan.

Perempuan itu menggunakan mobil yang dikemudikan Yadav untuk pulang ke rumah setelah makan malam bersama teman-temannya pada Desember lalu. Korban mengatakan Yadav memperkosanya setelah ia tertidur di dalam mobil tersebut.

Serangan itu memicu protes disertai kemarahan atas kekerasan seksual terus menerus yang dihadapi kaum perempuan India, yang medapat sorotan dengan tewasnya seorang mahasiswi muda yang diperkosa beramai-ramai secara brutal sewaktu korban menumpangi bus pada tahun 2012.

Uber yang berbasis di Amerika juga menghadapi pukulan di India. Pemerintah di New Delhi menuduh perusahaan tersebut tidak melakukan pemeriksaan latar belakang para pengemudinya dan melarang perusahaan itu beroperasi, tetapi kemudian mengizinkan Uber beroperasi kembali.

Uber telah menjadi pilihan populer bagi banyak komuter di ratusan kota di seluruh dunia, dan membanggakan diri sebagai pilihan yang aman untuk layanan mobil dari satu tempat ke tempat lain, antara lain karena sistem pembayarannya yang tidak melibatkan uang tunai.

Namun, Uber juga dikecam karena merekrut supir taksi tak berizin, menjual jasa lebih murah daripada layanan taksi yang terdaftar dan membuat riskan penumpang. [uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG