Tautan-tautan Akses

India: Konfrontasi Militer di Perbatasan dengan China Telah Diatasi


Menteri Luar Negeri India Sushma Swaraj (kanan) dan Menteri Luar Negeri Wang Yi dalam pertemuan di New Delhi, 8 Juni 2014.

Menteri Luar Negeri India Sushma Swaraj (kanan) dan Menteri Luar Negeri Wang Yi dalam pertemuan di New Delhi, 8 Juni 2014.

Menteri Luar Negeri Sushma Swaraj mengatakan bahwa tentara China akan mulai ditarik Jumat dan konfrontasi akan berakhir sebelum Selasa.

Menteri Luar Negeri India mengatakan negaranya dan China telah menyelesaikan konfrontasi militer di perbatasan yang telah terjadi selama dua minggu di daerah Himalaya, bagian utara India.

Sushma Swaraj mengatakan Jumat (26/9), setelah bertemu dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi di New York, bahwa tentara China akan mulai ditarik Jumat dan konfrontasi akan berakhir sebelum Selasa. Dia menyebut penyelesaian itu sebagai “pencapaian besar.”

Ratusan tentara China masuk ke sebuah daerah yang diklaim oleh India, menimbulkan konfrontasi di perbatasan pegunungan terpencil, Ladakh.

India mengatakan pasukan China itu ingin memperpanjang jalan yang mereka bangun di sisi perbatasan mereka ke wilayah yang diklaim India.

Para pejabat mengatakan China telah setuju untuk tidak memperpanjang jalan tersebut ke wilayah yang disengketakan. Sebagai imbalannya, India telah setuju untuk menghancurkan sebuah gubuk pengamatan yang dibangun baru-baru ini.

XS
SM
MD
LG