Tautan-tautan Akses

India Khawatirkan Modernisasi Angkatan Laut Tiongkok


Modernisasi AL Tiongkok termasuk dengan peluncuran kapal induknya yang pertama, menjadi kekhawatiran besar bagi India (foto: dok).

Modernisasi AL Tiongkok termasuk dengan peluncuran kapal induknya yang pertama, menjadi kekhawatiran besar bagi India (foto: dok).

Kepala staf angkatan laut India mengatakan bahwa negaranya bertekad melindungi berbagai kepentingan India terkait eksplorasi minyak di Laut Cina Selatan.

Kepala staf angkatan laut India mengatakan modernisasi angkatan laut Tiongkok adalah kekhawatiran besar bagi negaranya dan bertekad melindungi berbagai kepentingan India di Laut Cina Selatan.

Perusahaan migas negara India ONGC mempunyai saham di ladang gas di lepas pantai Vietnam. Tiongkok mengklaim hampir seluruh kawasan Laut Cina Selatan. Filipina, Brunei, Malaysia, Taiwan dan Vietnam juga mengklaim beberapa bagian kawasan itu, termasuk Kepulauan Spratly yang diyakini kaya mengandung bahan-bahan mineral.

Kepala Staf Angkatan Laut India, Laksamana D.K. Joshi, hari Senin mengatakan kepada para wartawan di New Delhi bahwa ONGC terlibat dalam tiga blok eksplorasi energi di kawasan itu, dan bahwa “jika diperlukan berbagai langkah untuk melindungi kepentingan negara kami di bidang maritim, angkatan laut punya mandat untuk melakukannya.” Ia mengatakan angkatan laut India bersiap untuk situasi apapun dan menggelar latihan-latihan relevan.

Joshi mengatakan modernisasi angkatan laut Tiongkok “sangat mengagumkan” dan “menjadi kekhawatiran bagi kami, dan kami terus mengkaji serta mengusahakan berbagai pilihan dan strategi kami.”
XS
SM
MD
LG