Tautan-tautan Akses

India Kecewa Dengan Hukuman Teroris Mumbai


Menteru Luar Negeri India Salman Khurshid (Foto: dok).

Menteru Luar Negeri India Salman Khurshid (Foto: dok).

Menteri Luar Negeri India Salman Khurshid mengatakan hari Jumat (25/1) bahwa David Coleman Headley, pelaku teror Mumbai 2008, layak mendapat hukuman penjara lebih dari 35 tahun.

India mengatakan pihaknya kecewa dengan hukuman yang diberikan kepada seorang pria Amerika keturunan Pakistan di sebuah pengadilan Amerika atas perannya dalam serangan teror di Mumbai tahun 2008.

Menteri Luar Negeri India Salman Khurshid mengatakan hari Jumat bahwa David Coleman Headley layak mendapat lebih dari 35 tahun hukuman penjara yang dijatuhkan kepadanya hari Kamis di pengadilan federal Chicago.

India telah mengusahakan agar Headley diekstradisi untuk menghadapi peradilan di India atas perannya dalam serangan itu.

Headley dapat dijatuhi hukuman penjara seumur hidup, tetapi tim jaksa federal Amerika menuntut hukuman yang lebih ringan karena Headley memberi informasi yang menghasilkan pendakwaan terhadap para tersangka lain yang terlibat dengan kelompok teroris Pakistan, Lashkar-e-Taiba.

Bulan November 2008, teroris Lashkar menduduki sebuah hotel, sebuah pusat kebudayaan Yahudi dan gedung-gedung lainnya di Mumbai selama tiga hari. Serangan itu menewaskan 166 orang, termasuk enam warga Amerika.
XS
SM
MD
LG