Tautan-tautan Akses

India, Iran Tandatangani Perjanjian Pembangunan Pelabuhan Utama


Dari kiri: PM India Narendra Modi, Presiden Iran Hassan Rouhani, dan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani saling berjabat tangan pasca penandatanganan kerjasama di Teheran, Senin (23/5).

Dari kiri: PM India Narendra Modi, Presiden Iran Hassan Rouhani, dan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani saling berjabat tangan pasca penandatanganan kerjasama di Teheran, Senin (23/5).

Perjanjian untuk membangun dan mengoperasikan pelabuhan Chabahar di Iran tenggara itu ditandatangani setelah PM Narendra Modi melakukan pembicaraan dengan Presiden Iran Hassan Rouhani.

India hari Senin (23/5) menandatangani perjanjian penting dengan Iran untuk membangun pelabuhan strategis di Iran tenggara untuk memudahkan akses India ke wilayah daratan Afghanistan dan Asia Tengah, tanpa harus melewati Pakistan.

Perjanjian untuk membangun dan mengoperasikan pelabuhan Chabahar itu ditandatangani di Teheran setelah Perdana Menteri India Narendra Modi, melakukan pembicaraan dengan Presiden Iran Hassan Rouhani.

Perjanjian itu merupakan yang paling penting dari 12 perjanjian yang ditandatangai oleh kedua negara dalam kunjungan dua hari PM Modi.

India akan mengeluarkan $500 juta untuk mengembangkan dua terminal dan dermaga kargo di pelabuhan itu, yang nantinya akan dijadikan pusat pelabuhan transit regional.

India, Iran dan Afghanistan juga menandatangani perjanjian trilateral untuk membangun jalan penghubung dan jalur kereta api dari pelabuhan tersebut.

PM India menyebut proyek itu "tonggak penting", katanya itu adalah "upaya besar mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah ini. Kami berkomitmen untuk mengambil langkah-langkah untuk melaksanakan perjanjian yang ditandatangani hari ini."

Presiden Iran Rouhani mengatakan "mengingat banyaknya dana yang akan mengalir dari India ke pelabuhan Chabahar, pelabuhan yang sangat strategis ini sangat berpeluang menjadi simbol utama kerjasama antara kedua negara besar Iran dan India." [zb/ii]

XS
SM
MD
LG