Tautan-tautan Akses

Jatuhnya Rupee Dikhawatirkan Perparah Kelesuan Ekonomi India

  • Anjana Parischa

Menteri Keuangan India, P. Chidambaram berupaya menenangkan kekhawatiran terhadap perekonomian India yang melambat (foto: dok).

Menteri Keuangan India, P. Chidambaram berupaya menenangkan kekhawatiran terhadap perekonomian India yang melambat (foto: dok).

Selagi mata uang India Rupee merosot ke tingkat terendah terhadap dolar, Menteri Keuangan Chidambaram berupaya meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap perekonomian India.

Kemerosotan nilai Rupee pekan ini datang tiba-tiba setelah stabil selama bulan lalu. Secara keseluruhan mata uang India itu telah tergelincir sebesar 8 persen sejak awal bulan Mei.

Menteri Keuangan India P. Chidambaram Kamis berupaya menenangkan kekhawatiran bahwa kejatuhan mata uang itu akan semakin membebankan perekonomian yang lesu. Ia mengatakan besarnya ketidakseimbangan perdagangan India telah memicu anjloknya Rupee. Defisit transaksi berjalan itu, didorong oleh besarnya impor minyak dan emas.

Chidambaram menjanjikan langkah-langkah pemerintah untuk menstabilkan Rupee.

Negara-negara dengan defisit transaksi berjalan yang besar, mata uangnya terpukul. Termasuk Afrika Selatan, Meksiko, Brazil, Chile, Turki. Sejak India mengalami defisit transaksi berjalan yang besar, Rupee terpukul. Tapi menurut saya tidak ada alasan untuk panik. Itu tidak memberi tekanan terhadap inflasi, tidak memberi tekanan terhadap subsidi, terutama komoditas impor, tapi menurut saya Rupee akan mencapai tingkat yang tepat.

Namun, Rupee terus merosot hari Kamis. Para ekonom menunjukkan mata uang India lebih terpukul dibandingkan dari mata uang negara-negara pasar berkembang lainnya dalam beberapa hari terakhir.

Menteri Keuangan Chidambaram menghimbau rakyat India untuk mengekang permintaan besar terhadap emas. Meskipun impor emas telah menurun dalam beberapa pekan terakhir, tapi keuangan pemerintah masih tertekan.

India merupakan konsumen terbesar bagi emas di dunia, tapi harga tinggi dan jatuhnya Rupee pada tahun lalu berarti India mengeluarkan miliaran dolar untuk membeli emas.

Walaupun ada masalah ini, Menteri Chidambaram yakin ekonomi India berjalan menuju pemulihan. Ia mengatakan inflasi telah mereda, dan India mengambil langkah-langkah pengendalian defisit fiskal yang besar.

Kabar baik datang bagi negara ekonomi terbesar ketiga di Asia itu. Hari Rabu, Fitch Ratings merevisi prospek peringkat India menjadi "stabil" dari sebelumnya "negatif" berdasarkan kebijakan yang diambil oleh pemerintah untuk mengekang defisit anggaran.

Ini menjadi dorongan bagi pemerintah yang telah berusaha menghindari penurunan peringkat tahun lalu.

Menteri Keuangan India menjanjikan reformasi lebih lanjut dalam beberapa minggu mendatang dengan meningkatkan investasi dan mendongkrak pertumbuhan yang melesu. Ekonomi India tumbuh lima persen tahun lalu, yang terendah dalam satu dekade.
XS
SM
MD
LG