Tautan-tautan Akses

India Gelar Pemilihan Umum Terbesar di Dunia


Seorang petugas TPS memegang mesin pemilihan elektronik di distrik Jorhat, negara bagian Assam (6/4). (Reuters/Adnan Abidi)

Seorang petugas TPS memegang mesin pemilihan elektronik di distrik Jorhat, negara bagian Assam (6/4). (Reuters/Adnan Abidi)

Dengan lebih dari 815 juta pemilih yang terdaftar, pemilu di India akan dilakukan dalam sembilan tahap dalam waktu lima minggu.

Pemungutan suara telah mulai dalam pemilihan umum tingkat nasional India.

Tempat-tempat pemungutan suara (TPS) buka Senin (7/4) untuk apa yang disebut sebagai pemilihan umum terbesar di dunia, dengan lebih dari 815 juta pemilih yang terdaftar. Pemilu itu akan dilakukan dalam sembilan tahap dalam waktu lima minggu.

Rakyat akan memilih anggota Lok Sabha atau majelis rendah parlemen yang beranggotakan 543 orang itu.

Partai Bharatiya Janata (BJP), yang dipimpin oleh nasionalis Hindu, Narendra Modi, dan sekutu-sekutunya diperkirakan akan memenangkan blok kursi terbesar. Tetapi, angket terbaru memberi indikasi koalisi itu mungkin tidak akan memperoleh mayoritas. Setiap partai atau koalisi membutuhkan paling sedikit 272 kursi untuk membentuk pemerintah.

Partai Kongres yang berkuasa dikecam akibat inflasi yang tinggi, pertumbuhan ekonomi yang lambat dan sejumlah skandal korupsi dibawah kekuasaan mereka selama puluhan tahun.

Ratusan ribu tentara telah ditempatkan di seluruh negara itu untuk menjamin pemungutan suara itu berjalan damai.

India dilanda pemberontakan di negara-negara bagian di India tengah, utara dan timur-laut, dan pemberontak sering menjadikan TPS dan pasukan keamanan sebagai sasaran.

Hasil pemilu diperkirakan baru akan diketahui kira-kira tanggal 16 Mei mendatang.
XS
SM
MD
LG