Tautan-tautan Akses

India Desak Dow Chemical Ditarik dari Sponsor Olimpiade 2012


Sebagian korban selamat dari kecelakaan industri di Bhopal melakukan demonstrasi menentang keikutsertaan Dow Chemical sebaga sponsor Olimpiade London 2012. (02/12)

Sebagian korban selamat dari kecelakaan industri di Bhopal melakukan demonstrasi menentang keikutsertaan Dow Chemical sebaga sponsor Olimpiade London 2012. (02/12)

Asosiasi Olimpiade India secara resmi akan minta penyelenggara London Games untuk tidak mengikut sertakan Dow Chemical sebagai sponsor karena kaitan raksasa kimia itu dengan Tragedi Bhopal.

Vijay Kumar Malhotra, pejabat ketua Asosiasi Olimpiade India, mengeluarkan pernyataan yang meminta agar perusahaan Dow Chemical tidak disertakan sebagai sponsor olimpiade London tahun depan hari Rabu ini (14/12).

Pada 2001 Dow Chemical membeli Union Carbide, yang pabrik pestisidanya membocorkan gas ke kota Bhopal pada 1984 dan menewaskan puluhan ribu orang. Peristiwa ini merupakan kecelakaan industri terburuk di dunia.

Malhotra mengatakan Asosiasi Olimpiade India akan menyusun rancangan tuntutan ini dalam pertemuan dua hari di New Delhi, dan akan dimulai Kamis. Ia menekankan India tidak akan memboikot pesta akbar olahraga ini.

Aktivis India telah berjuang bagi dana kompensasi lebih besar lewat protes yang dipimpin oleh Shivraj Chauhan, menteri utama Madhya Pradesh, negara bagian yang merupakan lokasi dari Bhopal.

Malhotra mengatakan ia menerima sebuah petisi Rabu yang ditanda tangani 11.000 orang. Kampanye ini dipimpin oleh mantan pemain hoki Olimpiade Aslam Sher Khan.

Union Carbide telah menyelesaikan masalah ganti rugi dengan pemerintah India pada 1989 dengan membayar 470 juta dolar untuk korban bencana Bhopal.

Dow mensponsori pemasangan tirai kain di stadion utama Olimpiade London, mengatakan semua kewajibannya atas bencana ini telah diselesaikan lewat pembayaran ini.

Kepala penyelenggara Olimpiade London Sebastian Coe membela sponsor Dow Chemical tetapi politisi partai buruh, Ken Livingstone, yang pernah jadi walikota London, mendesak agar sponsor ini ditinjau kembali.

XS
SM
MD
LG