Tautan-tautan Akses

India dan Pakistan Lanjutkan Pembicaraan Perdamaian


Sekretaris Negara India G.K. Pillay (kiri) berjabat tangan dengan Sekretaris Negara Pakistan Chaudary Qamar Zaman dalam pertemuan di New Delhi, Senin (28/3).

Sekretaris Negara India G.K. Pillay (kiri) berjabat tangan dengan Sekretaris Negara Pakistan Chaudary Qamar Zaman dalam pertemuan di New Delhi, Senin (28/3).

Perundingan antara India dan Pakistan ini bertujuan meningkatkan hubungan bilateral dan memajukan proses perdamaian antarkedua negara.

India dan Pakistan mengadakan pembicaraan resmi pertama sejak terjadi serangan teroris Mumbai tahun 2008 dan New Delhi menuduh militan yang berbasis di Pakistan sebagai pelakunya.

Pembicaraan di ibukota India antara kedua kekuatan nuklir yang bertentangga, bertujuan untuk meningkatkan hubungan bilateral dan memajukan proses perdamaian. Agenda pertemuan antara Sekretaris Negara India G.K. Pillay dan Sekretaris Negara Pakistan Chaudary Qamar Zaman, mencakup pengepungan dan serangan teroris di Mumbai tahun 2008, kontra-terorisme dan pelonggaran peraturan visa.

Pillay menggambarkan hari pertama pembicaraan sebagai sangat positif. Ia mengatakan kedua pihak akan mengeluarkan pernyataan bersama hari Selasa pada akhir pertemuan.

Walaupun tidak akan ada kemajuan penting yang diperkirakan dari dialog ini, pembicaraan tersebut akan meratakan jalan untuk pertemuan bilateral di masa depan. Pembicaraan perdamaian telah dibayangi oleh pertandingan semifinal Piala Dunia Kriket antara India dan Pakistan yang akan berlangsung Rabu.

Perdana Menteri Pakistan Yousuf Raza Gilani telah menerima undangan dari Perdana Menteri India Manmohan Singh, untuk menghadiri pertandingan di kota Mohamm, India Utara, dekat perbatasan dengan Pakistan.

XS
SM
MD
LG