Tautan-tautan Akses

India dan Malaysia: Persetujuan Akan Lipat-duakan Perdagangan


Pekerja India di perbatasan Agartala. Perjanjian perdagangan bebas antara India dan Malaysia akan mencapai 15 milyar dolar.Photo/Ramakanta Dey)

Pekerja India di perbatasan Agartala. Perjanjian perdagangan bebas antara India dan Malaysia akan mencapai 15 milyar dolar.Photo/Ramakanta Dey)

Persetujuan perdagangan bebas akan mulai berlaku tanggal 1 Juli dan akan mencapai jumlah 15 milyar dolar dalam waktu lima tahun

India dan Malaysia mengatakan persetujuan perdagangan bebas akan mulai berlaku tanggal 1 Juli dan diperkirakan akan melipat-duakan perdagangan antara kedua negara selambat-lambatnya tahun 2015.

Keputusan itu diumumkan hari Rabu menyusul pembicaraan antara Perdana Menteri India Manmohan Singh dan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak. Singh berada di Malaysia dalam kunjungan tiga hari.

Persetujuan itu akan ditanda-tangani tanggal 31 Januari. Razak mengatakan kepada wartawan persetujuan itu akan menegakkan “hubungan yang strategis dan lebih kuat” antara kedua negara, yang sekarang ini melakukan kira-kira 8 milyar dolar per tahun dalam perdagangan. Jumlah itu akan naik menjadi 15 milyar dolar dalam waktu lima tahun mendatang.

Persetujuan itu mencakup perdagangan dalam barang-barang dan pelayanan, investasi dan kerjasama ekonomi. Kedua pemimpin berjanji akan bekerja sama dalam pengembangan industri hidrokarbon dan energi yang dapat diperbaharui.

XS
SM
MD
LG