Tautan-tautan Akses

India, China Bicarakan Perbatasan di New Delhi


Penasihat Keamanan Nasional India, Ajit Kumar Doval, dan Anggota Dewan Negara China, Yang Jiechi, di New Delhi, Senin (23/3). (AP/Manish Swarup)

Penasihat Keamanan Nasional India, Ajit Kumar Doval, dan Anggota Dewan Negara China, Yang Jiechi, di New Delhi, Senin (23/3). (AP/Manish Swarup)

Kedua negara telah sejak lama terlibat dalam sengketa teritorial sengit yang mencakup Himalaya dan daerah-daerah terpencil yang luas.

India dan China memulai pembicaraan perbatasan babak ke-18 di New Delhi dalam usaha untuk menyelesaikan sengketa wilayah yang sudah lama.

Pembicaraan dipimpin oleh Penasihat Keamanan Nasional India, Ajit Kumar Doval, dan Anggota Dewan Negara China, Yang Jiechi, Senin (23/3).

Pembicaraan mengenai garis kedaulatan itu itu adalah yang pertama sejak Perdana Menteri India Narendra Modi berkuasa tahun lalu.

Kedua negara telah sejak lama terlibat dalam sengketa teritorial yang sengit. Serangan terjadi yang sering menyeberangi perbatasan de facto atau garis kedaulatan sebenarnya yang panjangnya 4 ribu kilometer melintasi Himalaya dan daerah-daerah terpencil yang luas.

China mengklaim kira-kira 90 ribu kilometer persegi bagian timur Himalaya, yang ditentang oleh India. Bagian yang besar wilayah itu adalah di negara bagian Arunachal Pradesh, India.

Tahun lalu, India dan China menyelesaikan konfrontasi militer yang tegang selama dua minggu di daerah itu.

Sengketa perbatasan menimbulkan perang singkat antara kedua negara terbesar Asia itu tahun 1962.

XS
SM
MD
LG