Tautan-tautan Akses

India Cabut Sejumlah Larangan bagi Beberapa Pengecer Asing


Jaringan pengecer asal Swedia 'IKEA' diijinkan untuk membuka toko di India tapa perlu rekanan lokal.

Jaringan pengecer asal Swedia 'IKEA' diijinkan untuk membuka toko di India tapa perlu rekanan lokal.

Pemerintah India memperbolehkan pengecer asing seperti IKEA dari Swedia dan Starbuck dari Amerika untuk membuka sejumlah toko di negara itu tanpa rekanan setempat.

Keputusan hari Selasa itu memungkinkan perusahaan-perusahaan tersebut memiliki saham 100 persen di India yang sebelumnya dibatasi hanya 51 persen. Tapi para pengecer tunggal itu harus mencari 30 persen bahan barang-barang mereka dari industri kecil dan pengrajin India.

Keputusan itu merupakan bagian dari sejumlah reformasi ekonomi yang diusulkan pemerintahan Perdana Menteri Manmohan Singh untuk memodernisasi sektor pengecer setempat.

Pemerintah India bulan lalu menghentikan reformasi besar yang mengijinkan waralaba asing seperti Walmart dari Amerika untuk membuka usaha di India.

Para penentang mengatakan memperbolehkan supermarket asing masuk dalam pasar India akan mengancam kelangsungan jutaan pemilik toko kecil.

Pasar eceran dalam negeri India yang bernilai 450 milyar dolar didominasi oleh toko-toko milik keluarga dan perusahaan pengecer global telah menunggu lama untuk diijinkan beroperasi di negara itu.

IKEA antusias untuk membuka toko furniturenya di India namun sebelumnya harus menunggu dilonggarkannya larangan-larangan itu.

XS
SM
MD
LG