Tautan-tautan Akses

India Berkabung atas Meninggalnya Tokoh Spiritual Sai Baba


Tokoh spiritual India, Sathya Sai Baba (foto: dok) di masa hidupnya.

Tokoh spiritual India, Sathya Sai Baba (foto: dok) di masa hidupnya.

Sathya Sai Baba meninggal dunia akibat gagal banyak organ tubuh di rumah sakit dekat pusat kegiatan spiritualnya di desa Puttaparti, India.

Tokoh spiritual India, Sathya Sai Baba, yang dipuja sebagai dewa oleh para pengikutnya di seluruh dunia, meninggal dunia di India Selatan pada usia 86.

Sai Baba meninggal pada hari Minggu karena gagal banyak organ tubuh di rumah sakit dekat pusat kegiatan spiritualnya di desa Puttaparti, di negara bagian Andhra Pradesh. Ia telah dirawat beberapa minggu sebelumnya dalam kondisi kritis dan pada saat-saat terakhir hidupnya, ia harus menggunakan mesin penunjang hidup.

Meninggalnya pemuka Hindu yang terkenal karena model rambut keritingnya dan jubahnya yang berwarna jingga menimbulkan dukacita di kalangan pengikutnya di Puttaparti dan di berbagai tempat lain, serta penghormatan dari para politisi, bintang film dan atlet terkemuka India.

Perdana Menteri India Manmohan Singh mengatakan Sai Baba adalah tokoh spiritual yang mengilhami jutaan orang dari berbagai agama untuk menuju suatu kehidupan yang bermoral dan bermakna, dan bahwa kematiannya membuat India merasakan kesedihan mendalam.

Menteri Utama Andhra Pradesh N Kiran Kumar Reddy menyatakan masa berkabung selama empat hari yang akan berpuncak pada upacara pemakaman kenegaraan, Rabu, yang diperkirakan akan dihadiri ratusan ribu orang. Para pengikutnya diberi kesempatan untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Sai Baba pada hari Senin dan Selasa. Polisi telah mendirikan barikade-barikade di Puttaparti untuk mengendalikan massa.

XS
SM
MD
LG