Tautan-tautan Akses

India Bahas Mogok Makan Aktivis Sosial untuk Protes Korupsi


Aktivis Anna Hazare beristirahat di tengah aksi mogok makan menuntut hukuman yang lebih keras bagi para koruptor di India (6/4).

Aktivis Anna Hazare beristirahat di tengah aksi mogok makan menuntut hukuman yang lebih keras bagi para koruptor di India (6/4).

Anna Hazare, 72 tahun, melakukan mogok makan di New Delhi sejak hari Selasa, menuntut undang-undang anti-korupsi yang lebih keras.

Pemerintah India bergegas mengatasi mogok makan melawan korupsi yang telah memasuki hari ke empat dan menuai kemarahan publik atas korupsi.

Perdana Menteri Manmohan Singh bertemu para menteri dan pejabat lain dari Partai Kongres yang berkuasa hari Jumat untuk berunding guna mengakhiri protes aktivis sosial Anna Hazare.

Hazare, berusia 72 tahun, melakukan mogok makan di ibukota India, New Delhi, sejak hari Selasa, menuntut undang-undang anti-korupsi yang lebih keras.

Pemerintah sejak itu menyetujui permintaan Hazare agar setengah dari anggota komisi pembuat undang-undang baru anti-korupsi adalah rakyat. Tapi mereka belum menyetujui tuntutan Hazare agar dialah yang mengetuai komisi itu.

Tenda pinggir jalan di pusat New Delhi tempat Hazare berkemah didatangi pengunjung yang tak terhitung jumlahnya, termasuk aktor-aktor Bollywood dan selebriti lain.

Mogok makan Hazare mengundang perhatian media sepanjang hari dan memicu aksi-aksi protes anti-korupsi serupa di ibukota negarabagian di seluruh India.

Para analis mengatakan demonstrasi itu mencerminkan semakin marahnya rakyat terhadap sistem politik dan pemerintahan di mana korupsi sangat nyata.

Pemerintahan Perdana Menteri Singh dihadang serangkaian skandal korupsi belakangan ini. Korupsi terbesar mencakup penjualan lisensi telekom dengan harga dibawah pasar, yang diduga menyebabkan pemerintah rugi hingga 40 miliar dolar.

XS
SM
MD
LG