Tautan-tautan Akses

India akan Luncurkan Misi ke Mars


PM India Manmohan Singh menjelaskan rencana India untuk meluncurkan sebuah pesawat antariksa yang akan mengorbit Mars (foto: dok).

PM India Manmohan Singh menjelaskan rencana India untuk meluncurkan sebuah pesawat antariksa yang akan mengorbit Mars (foto: dok).

Perdana Menteri India Manmohan Singh mengatakan, negaranya berencana untuk meluncurkan sebuah pesawat antariksa yang akan mengorbit Mars.

Rencana peluncuran pesawat antariksa yang akan mengorbit Mars ini menandai kemajuan baru dalam program antariksa ambisius India.

Perdana Menteri India Manmohan Singh mengatakan hari Selasa (14/8), pesawat antariksa tak berawak itu akan mengumpulkan informasi ilmiah penting.

Perdana menteri itu menyebut rencana itu sebuah langkah besar bagi India dalam Sains dan teknologi.

Pesawat antariksa itu diperkirakan akan diluncurkan sedini November tahun depan dengan menggunakan sebuah roket yang dikembangkan oleh Organisasi Riset Antariksa India. Misi itu diperkirakan akan menelan biaya 80 juta dolar.

India telah meluncurkan banyak satelit dalam beberapa dekade terakhir. Namun para pengecam program antariksa itu mengatakan, Partai Kongres – partainya Singh – seharusnya lebih memfokuskan sumber daya yang ada pada kebutuhan dasar rakyat India, termasuk listrik dan air minum yang aman.
XS
SM
MD
LG