Tautan-tautan Akses

India Akan Buka Bursa Efek Bagi Penanam Modal Asing Perorangan


India akan membuka bursa efek bagi penanam modal asing perorangan, 15 Januari mendatang (2/1).

India akan membuka bursa efek bagi penanam modal asing perorangan, 15 Januari mendatang (2/1).

Tanggal 15 Januari, untuk pertama kalinya India akan membuka bursa efeknya bagi penanam modal asing perorangan. Penanam modal ini akan dapat secara langsung membeli dan menjual saham India.

Sebelumnya, orang asing hanya dapat menanam modal melalui mutual fund atau lembaga penanam modal.

New Delhi mengutarakan harapan bahwa tindakan ini akan menarik lebih banyak modal asing dan mengurangi ketidak stabilan pasar, serta mengubah kecenderungan tahun lalu ketika penanam modal asing menarik milyaran dolar dari ekonomi India.

Tetapi, banyak pakar ekonomi mengatakan tindakan tersebut tidak mungkin akan segera berpengaruh ketika daya tarik pasar saham India telah memudar karena ekonomi yang melamban. Mereka mengatakan pertumbuhan ekonomi India untuk tahun 2011 tidak akan mencapai tingkat 9 persen yang telah diramalkan pemerintah.

Krisis hutang Eropa dan ekonomi Barat yang melamban dianggap sebagai penyebab berkurangnya penanam modal asing, tetapi faktor dalam negeri juga telah memainkan peranan. India telah mengalami beberapa kenaikan suku bunga, kenaikan inflasi dan mata uang nasional yang melemah.

XS
SM
MD
LG