Tautan-tautan Akses

India Adili 61 Tersangka Bajak Laut dari Somalia


Seorang perompak Somalia di atas kapalnya (foto: dok).

Seorang perompak Somalia di atas kapalnya (foto: dok).

Pihak berwajib Mumbai mengatakan para tersangka perompak yang ditangkap bulan Desember, akan tampil di pengadilan setempat hari ini.

Kepolisian kota Mumbai, India barat, menahan 61 tersangka pembajak Somalia, Rabu setelah angkatan laut India menangkap mereka bersama 13 orang sandera dari sebuah kapal yang dibajak bulan Desember di Laut Arabia.

Pihak berwajib Mumbai mengatakan para tersangka akan tampil di pengadilan setempat hari ini. Angkatan Laut India mengatakan pasukannya merebut kapal yang dibajak itu, yang disebut bernama Vega-5 dan berbendera Mozambik, setelah tembak-menembak singkat dengan pembajak Sabtu malam, 1.100 kilometer di lepas pantai barat India. Malam sebelumnya, pesawat patroli India menemukan kapal penangkap ikan, yang digunakan oleh pembajak sebagai kapal pangkalan untuk menyerang kapal-kapal lain.

Para pembajak Somalia telah memperoleh ratusan juta dolar sebagai hasil pembajakan kapal-kapal untuk memperoleh uang tebusan dalam beberapa tahun ini. Satuan tugas anti-pembajakan Uni Eropa mengatakan para pembajak saat ini menahan paling sedikit 30 kapal dan lebih dari 650 orang sandera.

XS
SM
MD
LG