Tautan-tautan Akses

India Laporkan 3 Tentaranya Tewas di Kashmir


Tentara India melakukan patroli di Kashmir, dekat perbatasan Pakistan (foto: ilustrasi).

Tentara India melakukan patroli di Kashmir, dekat perbatasan Pakistan (foto: ilustrasi).

Tiga tentara India tewas di perbatasan de-facto antara India dan Pakistan hari Selasa (22/11), di wilayah Kashmir yang sangat disengketakan, menurut para pejabat militer India.

Militer India menyebut serangan itu tindakan “pengecut” dan mengancam akan melakukan “pembalasan” melalui kicauan Twitter. Beberapa sumber militer, yang berbicara dengan syarat tidak diungkapkan jati diri mereka, mengatakan para penyerang melintasi perbatasan dari sisi Pakistan untuk melancarkan serangan.

Tembakan berat lintas perbatasan menyusul serangan itu di beberapa pos di sektor Machil.

Belum ada komentar dari Pakistan, yang melaporkan bahwa empat tentara negara itu tewas dalam serangan lintas-perbatasan sehari sebelumnya.

Bentrokan antara kedua negara bersenjata nuklir yang bersaing di wilayah Kashmir yang terbagi itu menjadi rutin dalam beberapa pekan ini, menyebabkan korban sipil dan tentara di kedua pihak.

Islamabad dan New Delhi saling menyalahkan satu sama lain telah melepaskan tembakan pertama sebagai pelanggaran atas kesepakatan gencatan senjata tahun 2003 di kawasan Himalaya itu.

Ketegangan militer telah menimbulkan kekhawatiran terjadinya konflik yang lebih luas di antara kedua pihak selagi dialog perdamaian bilateral masih ditangguhkan. [lt]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG