Tautan-tautan Akses

Incar Turis Muslim, Thailand Buka Hotel Halal Pertama


Turis mengunjungi reruntuhan ibukota kuno Thailand, Ayutthaya.

Turis mengunjungi reruntuhan ibukota kuno Thailand, Ayutthaya.

Thailand tahun lalu juga meluncurkan aplikasi seluler yang membantu turis mencari tempat makanan halal dan atraksi wisata yang ramah bagi Muslim.

Thailand yang mayoritas penduduknya Buddhis telah membuka hotel halal pertama dengan harapan akan menarik lebih banyak turis Muslim dan meningkatkan salah satu potensi besar baru dalam ekonomi.

Hampir 30 juta turis asing datang ke Thailand tahun lalu, tapi hanya sekitar 658.000 yang berasal dari Timur Tengah, menurut data industri.

Hotel bintang empat Al Meroz di Bangkok, yang dibuka bulan November, berharap memainkan peran dalam mengubah hal itu, dan menarik pendapatan.

"Ada 1,6 miliar Muslim di dunia. Ini pasar besar," ujar manajer umum hotel, Sanya Saengboon.

"Hanya 1 persen dari pasar tersebut cukup untuk membuat kami tumbuh."

Al Meroz, yang memiliki gaya arsitektur mirip masjid, memiliki dua mushola dan tiga ruang makan halal.

Harga kamar berkisar antara 4.000 baht sampai 50.000 baht (US$116 sampai $1.445) semalam.

Salah seorang tamu hotel, Aamir Fazal, 28, seorang penjaga keamanan dari Australia, mengatakan akses terhadap hotel halal merupakan kenyamanan bagi turis Muslim di Thailand, di mana makanan halal sulit ditemkan.

"Ini pengalaman yang sangat menyenangkan. Ini hotel halal pertama di sini dan menurut saya luar biasa," ujar Fazal.

Bersemangat untuk mendapatkan pangsa pasar turis Muslim yang sedang tumbuh, Thailand tahun lalu meluncurkan aplikasi seluler yang membantu turis mencari tempat makanan halal dan atraksi wisata yang ramah bagi Muslim.

Banyak warga negara Malaysia melakukan kunjungan singkat ke daerah perbatasan namun pemberontakan separatis tingkat rendah di selatan, yang termasuk serangan bom di kota-kota perbatasan yang sering didatangi orang Malaysia, telah melukai bisnis di sana.

Serangkaian serangan bom di kota-kota turis yang lebih populer di selatan Bangkok bulan ini, di mana empat orang tewas dan puluhan lainnya terluka, telah menimbulkan ketakutan bahwa pemberontakan sedang menyebar.

Thailand mengalami kenaikan 10 persen dalam kedatangan pengunjung dari Timur Tengah pada tahun 2015 dibandingkan tahun 2014, menurut data Departemen Pariwisata. [hd]

XS
SM
MD
LG