Tautan-tautan Akses

IMF Sepakati Paket Pinjaman $17 Miliar untuk Ukraina


Direktur pengelola Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde (30/4).

Direktur pengelola Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde (30/4).

Dewan eksekutif IMF telah menyetujui pencairan segera US$3,2 miliar yang diperlukan agar Ukraina tidak gagal membayar utang.

Dana Moneter Internasional (IMF) telah menyetujui program bantuan dua tahun senilai US$17 miliar bagi Ukraina, seiring kesulitan yang dialami pemerintahan di Kyiv untuk mempertahankan stabilitas politik di wilayah timur dekat perbatasan Rusia.

Persetujuan dewan eksekutif IMF, diumumkan Rabu (30/4), membuka jalan bagi pencairan segera $3,2 miliar yang diperlukan untuk mencegah Kyiv gagal utang saat negara di jelang kebangkrutan.

Paket pinjaman itu juga membuka jalan bagi Ukraina untuk menerima tambahan $15 miliar yang dijanjikan oleh Bank Dunia, Uni Eropa, Jepang, Kanada dan Amerika Serikat.

Ukraina, dalam tekanan peminjam internasional, diperkirakan menggunakan pencarian dana awal untuk membayar utang $2,2 miliar dari Rusia untuk pembelian gas alam. Rusia selama ini telah mengancam akan memotong pasokan bahan bakar, dan seiring memburuknya hubungan dalam beberapa bulan terakhir, telah menaikkan harga gas untuk negara tetangganya itu sekitar 80 persen.
XS
SM
MD
LG