Tautan-tautan Akses

Dewan Eksekutif IMF Pertimbangkan Kasus Hukum Lagarde


Direktur International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde saat hadir dalam pengadilan di Paris, 12 Desember 2016 lalu (foto: dok).

Direktur International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde saat hadir dalam pengadilan di Paris, 12 Desember 2016 lalu (foto: dok).

Dewan eksekutif IMF akan mengadakan rapat setelah Direktur IMF Christine Lagarde didapati bersalah dalam sebuah kasus di Perancis, saat menjabat sebagai Menteri Keuangan tahun 2008.

Seorang juru bicara Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan, dewan eksekutif IMF diperkirakan akan mengadakan rapat setelah direktur Christine Lagarde didapati bersalah dalam sebuah kasus di Perancis.

Lagarde didapati bersalah lalai melakukan perannya dalam pemberian kompensasi atau ganti-rugi arbitrasi yang dipertentangkan kepada seorang pengusaha tahun 2008. Tetapi Lagarde, yang memegang jabatan menteri keuangan Perancis pada waktu itu, tidak dihukum dan tidak dimasukkan dalam catatan pidana.

Jurubicara IMF Gerry Rice mengatakan bahwa, “Dewan Eksekutif sudah mengadakan pertemuan sebelumnya untuk mempertimbangkan perkembangan yang berhubungan dengan proses hukum di Perancis. Dewan diperkirakan akan mengadakan pertemuan lagi dalam waktu dekat untuk mempertimbangkan perkembangan yang terbaru.”

Lagarde, yang tidak hadir dalam penjatuhan vonis itu, tetap mengatakan bahwa ia tidak bersalah sepanjang peradilan yang berlangsung satu minggu itu. Jaksa sebelumnya telah meminta pembebasannya dari tuduhan. [gp]

XS
SM
MD
LG