Tautan-tautan Akses

IMF Peringatkan Masalah Utang Eropa Dapat Menyebar


Direktur IMF, Dominique Strauss-Kahn

Direktur IMF, Dominique Strauss-Kahn

IMF kawatir masalah utang Yunani, Irlandia dan Portugal dapat menyebar ke negara Eropa lainnya termasuk ke Eropa timur.

Dana Moneter Internasional memperingatkan bahwa masalah utang pemerintah Yunani, Irlandia dan Portugal dapat menyebar ke negara Eropa lainnya dan juga ke negara yang perekonomiannya sedang bangkit di Eropa timur.

Dalam laporan tengah tahun mengenai perekonomian Eropa, IMF Kamis menyatakan bahwa para pejabat sejauh ini masih mampu mengekang penularan utang hanya pada 3 negara tersebut di benua Eropa.

Namun, lembaga keuangan yang berbasis di Washington itu menyatakan masih melihat resiko kemungkinan menyebarnya masalah utang Eropa. IMF mengatakan, negara-negara Eropa masih harus berusaha terus menerus untuk mengatasi masalah keuangan mereka.

Menurut IMF, sistem perbankan yang lemah masih menjadi ancaman bagi kesehatan keuangan di 17 negara yang menggunakan euro sebagai mata uang bersama. Lembaga itu menyatakan pengurangan jumlah bank di Eropa berjalan terlalu lamban dan bahwa benua itu butuh integrasi keuangan yang lebih besar.

Yunani dan Irlandia telah menerima dana talangan dari IMF dan Uni Eropa tahun lalu dan sekarang Portugal siap menerima dana talangan a 112 miliar. Bahkan dengan dana talangan 2010, Yunani masih berjuang dengan perekonomian yang menciut dan pendapatan pajak yang menurun. Yunani mengusahakan restrukturisasi dana talangan 158 miliar dolar yang diterima tahun lalu dan mencari pinjaman baru sebesar 85 miliar dolar atau lebih.

XS
SM
MD
LG