Tautan-tautan Akses

Kepala IMF: Pemulihan Ekonomi Dunia Mengecewakan


Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde mengatakan pemulihan ekonomi global mengecewakan (foto: dok).

Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde mengatakan pemulihan ekonomi global mengecewakan (foto: dok).

Kepala Dana Moneter Internasional mengatakan ekonomi dunia "masih menghadapi beban" kemunduran parah beberapa tahun lalu, di samping pemulihan global yang mengecewakan.

Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde hari Kamis (2/10) mengimbau pemerintah di seluruh dunia menerapkan kebijakan peningkatan pertumbuhan ekonomi, termasuk reformasi pasar tenaga kerja dan meningkatkan pengeluaran bagi proyek-proyek konstruksi besar untuk memperbaiki infrastruktur dasar.

Ia menguraikan tren ekonomi dunia dalam pidato di Washington menjelang pertemuan IMF dan Bank Dunia pekan depan. Lagarde mengatakan ia memandang perekonomian dunia agak negatif dan menyebutnya dengan istilah "the new mediocre" - akibat resesi global tahun 2008 dan 2009, walaupun kemajuan ekonomi di beberapa bagian dunia meningkat.

Lagarde mengatakan krisis ekonomi beberapa tahun lalu menyebabkan tingkat utang pemerintah dan perusahaan bertambah, serta pengangguran yang meningkat merupakan "kesulitan utama" di banyak negara.

Ekonomi global lebih lemah dari yang kita perkirakan enam bulan lalu. Memang ada perbaikan, jangan salah paham. Tapi pemulihan itu lebih lemah dari yang diperkirakan.

Lagarde mengatakan IMF memperkirakan akan ada "sedikit kenaikan" tahun 2015, tetapi kemajuan ekonomi tidak merata di seluruh dunia.

XS
SM
MD
LG