Tautan-tautan Akses

IMF Kucurkan Dana $5 Milyar untuk Ukraina


Direktur IMF Christine Lagarde.

Direktur IMF Christine Lagarde.

Ukraina telah mempertahankan disiplin keuangan dalam keadaan yang sangat sulit, menurut direktur IMF Christine Lagarde.

Dana Moneter Internasional (IMF) akan mengirimkan Ukraina dana US$5 milyar dalam beberapa hari mendatang, sebagai bagian dari pinjaman empat tahun yang mencapai $17,5 milyar untuk menjaga agar ekonomi negara itu tidak ambruk.

Ukraina telah mempertahankan disiplin keuangan dalam keadaan yang sangat sulit, menurut direktur IMF Christine Lagarde, Rabu (11/3).

"Ukraina telah memenuhi semua tindakan sebelumnya yang diharapkan dan diharuskan dari Ukraina untuk memulai menjalankan program tersebut. Kita telah memulainya dengan baik," ujarnya.

Pinjaman IMF, di samping bantuan dan kredit yang diharapkan dari organisasi lain, bertujuan untuk menstabilkan ekonomi Ukraina, yang telah menderita pukulan dari pertempuran melawan separatis yang dibantu Rusia di timur, rekor terendah nilai mata uangnya, dan persediaan uang yang semakin menipis.

Para pakar ekonomi meramalkan ekonomi Ukraina akan tumbuh tahun 2016 setelah menurun yang diperkirakan mencapai 5,5 persen tahun ini.

Gedung Putih menyambut baik persetujuan IMF atas pinjaman baru bagi Ukraina, dengan mengatakan ini menunjukkan tekad Ukraina untuk mengambil langkah yang dibutuhkan untuk meletakkan dasar bagi pertumbuhan yang kuat.

Gedung Putih mengatakan Amerika bekerjasama dengan mitra-mitra internasionalnya untuk menyediakan bagi Ukraina dukungan keuangan yang dibutuhkannya.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG