Tautan-tautan Akses

Direktur IMF: Ekonomi Global Hadapi 'Angin Haluan'


Kepala Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde berbicara di Washington, Kamis (15/1).

Kepala Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde berbicara di Washington, Kamis (15/1).

Christine Lagarde mengatakan ekonomi global masih menghadapi “angin haluan” akibat melambatnya pertumbuhan di negara berkembang seperti China.

Kepala Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan penurunan harga minyak dan pertumbuhan ekonomi AS yang kuat merupakan “suntikan” bagi ekonomi, tetapi itu saja tidak akan cukup untuk mengembalikan pertumbuhan ekonomi global ke jalurnya.

Christine Lagarde mengatakan dalam pertemuan di Washington bahwa ekonomi masih menghadapi "headwinds" atau “angin haluan” akibat melambatnya pertumbuhan di negara berkembang seperti China.

Ia juga khawatir tentang pertumbuhan jangka panjang yang lambat dan inflasi yang sangat rendah di Eropa dan Jepang.

Pidato Lagarde adalah tinjauan pembuka dari laporan IMF tentang ekonomi global pekan depan, tapi ia hanya mengungkapkan sedikit rinciannya dalam pidato hari Kamis.

Lagarde menghimbau para pembuat kebijakan untuk menunjukkan kepemimpinan dan keberanian politik untuk memberi suara lebih besar kepada negara-negara berkembang dalam pengambilan keputusan di IMF, dan memotong subsidi energi yang merugikan anggaran dan ekonomi di beberapa negara.

XS
SM
MD
LG