Tautan-tautan Akses

IMF Desak Perancis Percepat Reformasi Ekonomi


Christine Lagarde, mantan Menkeu Perancis yang kini menjabat sebagai Direktur IMF (foto: dok). IMF menyerukan agar Perancis untuk menaikkan laju reformasi ekonominya.

Christine Lagarde, mantan Menkeu Perancis yang kini menjabat sebagai Direktur IMF (foto: dok). IMF menyerukan agar Perancis untuk menaikkan laju reformasi ekonominya.

IMF menyerukan Perancis untuk menaikkan laju reformasi ekonominya atau terancam semakin tertinggal oleh tetangga-tetangganya di Eropa.

Dana Moneter Internasional mengatakan Perancis yang dilanda resesi harus menaikkan laju reformasi ekonominya atau terancam semakin tertinggal oleh tetangga-tetangganya di Eropa.

IMF meramalkan Selasa (4/6), ekonomi Perancis, kedua terbesar dalam blok Euro setelah Jerman, akan menguat kembali pada tengah tahun kedua tahun ini. Tetapi IMF mengatakan untuk seluruh 2013 ekonomi negara itu diperkirakan akan menyusut nol koma dua persen sebelum tumbuh nol koma 8 persen tahun depan.

Badan berbasis di Washington itu mengatakan kesenjangan kompetitif Perancis dengan mitra-mitra dagangnya di Eropa semakin membesar.

IMF mengatakan perusahaan-perusahaan Perancis produktivitasntya menurun, keuntungannya menyusut dan ekspornya turun. Katanya, gaji tinggi merugikan keuntungan perusahaan dan selanjutnya merugikan daya saing negara itu dalam arena internasional.

Blok zona Euro yang beranggotakan 17 negara terperangkap dalam resesi yang sudah berlangsung 18 bulan, yang paling lama sejak dipergunakannya mata uang Euro pada 1999. Eropa mengirim miliaran dolar dalam bentuk paket bantuan kepada lima negara untuk membantu mereka menghindari kebangkrutan.
XS
SM
MD
LG