Tautan-tautan Akses

IMF Desak Amerika Atasi Krisis Utang


Direcktur IMF Christine Lagarde. Laporan IMF mengingatkan pentingnya AS untuk segera mengatasi krisis utangnya.

Direcktur IMF Christine Lagarde. Laporan IMF mengingatkan pentingnya AS untuk segera mengatasi krisis utangnya.

Laporan terbaru IMF tentang perekonomian AS mengatakan penting bagi ekonomi dunia agar AS segera menaikkan pagu utangnya.

Selagi para anggota parlemen Amerika dan Presiden Barack Obama berdebat bagaimana memotong utang Amerika yang besar, Dana Moneter Internasional atau IMF mengatakan Amerika harus segera mengambil tindakan efektif untuk mengatasi masalah ini.

Hari Senin, laporan terbaru IMF tentang perekonomian Amerika itu mengatakan penting bagi ekonomi Amerika dan lainnya agar Amerika segera menaikkan pagu utangnya, sambil memotong pengeluaran secara bertahap.

Para pemimpin Senat Amerika dan DPR saling tawar-menawar dalam menaikkan pagu utang federal dan memangkas defisit anggaran. Kongres dan Gedung Putih gagal mencapai kesepakatan bipartisan hari Minggu, memicu anjloknya berbagai pasar saham hari Senin. Harga emas juga mencapai rekor tinggi.

Pemimpin mayoritas Senat, Harry Reid, telah menyusun rencana yang mencakup pemotongan sebesar 2.7 trilyun dolar dan akan menaikkan pagu utang sampai pemilu tahun depan. Rencana tersebut telah disetujui oleh Gedung Putih. Juru bicara Jay Carney menyebutnya sebagai pendekatan yang masuk akal dan mengatakan semua potongan dalam proposal itu telah disetujui oleh kedua belah pihak sebelumnya.

Ketua DPR dari Partai Republik John Boehner, meminta para anggota partainya untuk mendukung perpanjangan jangka pendek kenaikan pagu utang yang disertai dengan paket pemotongan pengeluaran tersebut. Boehner sebelumnya mengatakan ia tidak yakin kesepakatan bipartisan dapat dicapai.


XS
SM
MD
LG