Tautan-tautan Akses

IMF Beri Tambahan Pinjaman untuk Yunani


IMF sepakat memberikan tambahan pinjaman untuk Yunani (Foto: dok)

IMF sepakat memberikan tambahan pinjaman untuk Yunani (Foto: dok)

Dana Moneter Internasional, IMF, telah menyetujui pinjaman baru 36 milyar dolar bagi Yunani yang dililit hutang, walaupun ada keprihatinan mengenai prestasi ekonomi negara itu dengan pinjaman sebelumnya.

Dewan Komisaris lembaga yang berbasis di Washington itu hari Kamis menyetujui usul Direktur IMF Christine Lagarde untuk pendanaan baru itu. Pinjaman tersebut akan dibayar kembali dengan angsuran selama masa empat tahun.

Lagarde mengatakan bahwa Yunani telah melakukan usaha yang sangat keras dalam dua tahun terakhir untuk melaksanakan langkah penghematan, tetapi memperingatkan bahwa tantangan yang dihadapi negara itu tetap besar.

Dalam pernyataan tertulis, dia mengatakan bahwa risiko terhadap program reformasi Yunani tetap sangat tinggi dan tidak ada tempat untuk berbuat kesalahan.

Dia juga mengatakan langkah lebih jauh yang berarti perlu dilakukan untuk menempatkan hutang Yunani pada lintasan akan yang terus menurun.

Pinjaman dari IMFdiberikan setelah persetujuan baru-baru ini oleh para tetangga Yunani di Eropa untuk menyerahkan dana talangan baru 170 milyar dolar, paket pertolongan yang kedua dalam dua tahun bagi negara itu, dan penghapusan 142 milyar dolar hutang Yunani kepada para kreditor swasta.

IMF telah menyatakan kekecewaan atas kemajuan ekonomi Yunani setelah memperoleh pinjaman sebelumnya 39 milyar dolar. IMF telah mengirim kepada Yunani 26 milyar dolar dari pinjaman itu, tetapi membatalkan sisanya untuk membuka jalan bagi pinjaman baru.

XS
SM
MD
LG