Tautan-tautan Akses

IMF Belum akan Kucurkan Dana Talangan kepada Yunani 


Kepala Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde (foto: dok).

Kepala Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde (foto: dok).

Kepala Dana Moneter Internasional, Christine Lagarde mengatakan, IMF belum akan menyalurkan dana talangan ekonomi baru kepada Yunani dalam waktu dekat.

Kepala Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde mengirimkan surat kepada Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras hari Minggu (3/4) dan mengumumkannya. Lagarde mengatakan dia ingin agar dialog antara Yunani dan IMF “transparan.”

WikiLeaks memuat sebuah dokumen hari Sabtu di mana para pejabat IMF dilaporkan mengatakan mereka menghendaki terjadinya sebuah “peristiwa” krisis di Yunani sehingga negara itu terpaksa berunding untuk menyepakati perjanjian.

Lagarde membantah hal itu lewat suratnya, mengatakan “segala spekulasi bahwa staf IMF memanfaatkan krisis sebagai taktik negosiasi adalah hal yang tidak masuk akal.”

Dia mengatakan akan mengirimkan sebuah tim IMF kembali ke Athena untuk melanjutkan perundingan.

Tsipras telah menunjukkan ketidaksenangannya atas apa yang dikatakannya “taktik” IMF yang “mengulur-ulur” penilaian terhadap reformasi ekonomi Yunani. Menurut IMF dan para menteri keuangan Uni Eropa, reformasi itu harus dilakukan sebelum dana talangan bisa disalurkan. [vm]

XS
SM
MD
LG