Tautan-tautan Akses

IMF : Ekonomi Global Dapat Melemah Tahun Ini


Prospek Ekonomi Dunia IMF yang dikeluarkan hari Jumat (17/6).

Prospek Ekonomi Dunia IMF yang dikeluarkan hari Jumat (17/6).

Laporan IMF menyorot soal kelemahan ekonomi di AS pada kuartal kedua tahun ini dan keprihatinan tentang meluasnya masalah keuangan di Eropa.

Dana Moneter Internasional (IMF), memperingatkan bahwa kecenderungan belakangan ini dalam ekonomi negara-negara maju tidak menggembirakan dan mengatakan ada kemungkinan pertumbuhan ekonomi global dapat macet.

Prospek Ekonomi Dunia IMF yang dikeluarkan hari Jumat mengatakan ekonomi global tumbuh dengan laju 4,3 persen untuk 3 bulan pertama tahun ini. Tetapi, laporan itu menunjukkan adanya kelemahan baru-baru ini di Amerika Serikat dan negara-negara lain dalam kurun waktu April sampai akhir Juni.

Laporan itu juga mengatakan keprihatinan yang timbul lagi mengenai kestabilan keuangan di Eropa dapat meluas, dan bahwa banyak negara kemungkinan masih menderita karena akibat bencana gempa bumi dan tsunami di Jepang.

Laporan tersebut mengatakan ekonomi negara-negara yang bertumbuh cepat yang membutuhkan lebih banyak bahan baku mungkin akan menghadapi masalah karena peningkatan permintaan mendorong kenaikan harga-harga pangan dan migas.

XS
SM
MD
LG