Tautan-tautan Akses

Ilmuwan Teliti Monster Laut dari Zaman Dinosaurus

  • Deborah Block

Tengkorak Thalattoarchon di laboratorium Field Museum. (Jorg Frobisch/Museum fur Naturkunde/National Geographic)

Tengkorak Thalattoarchon di laboratorium Field Museum. (Jorg Frobisch/Museum fur Naturkunde/National Geographic)

Monster laut sepanjang lebih dari 4 meter itu berasal dari kelas makhluk laut purba yang disebut ichthyosaurs, yang menyerupai lumba-lumba.

Para ilmuwan sedang mempelajari tengkorak monster laut purba yang ditemukan di Skotlandia 50 tahun lalu namun baru dapat ditarik dari bebatuan keras dengan metode ekstraksi fosil baru-baru ini.

Reptil yang sebelumnya tidak dikenal itu hidup di lautan pada era dinosaurus.

Tulang-belulang monster laut itu berusia 170 juta tahun dan ditemukan di pulau kecil bernama Skye di Skotlandia. Para ahli paleontologi bersemangat karena penyusunan tulang-belulang itu hampir tuntas, menurut Stephen Brusatte, salah satu tim paleontologi dari University of Edinburgh.

Para ilmuwan tersebut menemukan bahwa monster laut itu memiliki panjang lebih dari 4 meter. Ia berasal dari kelas makhluk laut purba yang disebut ichthyosaurs, yang menyerupai lumba-lumba. Jenis reptil itu dapat berenang dengan cepat, dan dengan gigi kerucut berjumlah ratusan, ia memangsa ikan dan cumi-cumi.

Para ilmuwan berharap dapat memiliki pemahaman yang lebih baik mengenai ekosistem makhluk tersebut dan periode Jurassic Pertengahan dari 160 sampai 180 juta tahun lalu. Fosil dari periode tersebut sangat jarang ditemukan sehingga penemuan monster laut ini sebuah hal yang spektakuler.

Seperti ichthyosaurs lain, monster laut ini punah sekitar 95 juta tahun yang lalu, atau sekitar 30 juta tahun sebelum dinosaurus menghilang. [hd]

XS
SM
MD
LG