Tautan-tautan Akses

Ilmuwan Pecahkan Misteri Monster Tully


Kemungkinan wujud Monster Tully yang berusia 300 juta tahun. (Sean McMahon/Yale University).

Kemungkinan wujud Monster Tully yang berusia 300 juta tahun. (Sean McMahon/Yale University).

Selama ini para ilmuwan bingung tidak hanya dengan penampakannnya, tapi juga dengan kategori makhluk laut ini -- moluska, ikan, atau sesuatu yang lain sama sekali?

Fosil ini berwujud paling aneh dari yang pernah ditemukan. Begitu anehnya sampai para ilmuwan menyebutnya Monster Tully, dari nama Francis Tully, pemburu fosil amatir yang menemukannya tahun 1958 di Amerika Serikat bagian tengah.

Sekarang sebuah kelompok peneliti dari Yale University mungkin akhirnya menemukan jawaban atas beberapa pertanyaan mengenai keganjilan evolusioner yang secara resmi disebut Tullimonstrum gregarium itu.

Hasilnya dipublikasikan dalam edisi terbaru jurnal Nature dan menawarkan gambaran yang lebih jelas mengenai makhluk laut berusia 300 juta tahun itu.

Makhluk ini memang terlihat seperti monster: gigi dan mulutnya ada di ujung leher serupa belalai yang tampak lebih menyerupai cakar daripada mulut.

Lebih aneh lagi, matanya ada sedikit di atas bagian tengah di masing-masing sisi tubuh, di ujung sesuatu yang mirip batang di sepanjang punggungnya. Panjang tubuhnya hanya sampai 30 sentimeter.

Namun, meski tampak ganjil, mereka cukup produktif. Para ilmuwan telah menemukan ribuan fosil Monster Tully.

Selama bertahun-tahun, para ilmuwan bingung tidak hanya dengan penampakannnya, tapi juga dengan kategori makhluk laut ini -- apakah termasuk moluska, ikan, atau sesuatu yang lain sama sekali?

Lewat analisa teknologi tinggi, para peneliti menyimpulkan bahwa Monster Tully itu memiliki insang dan tulang belakang yang disebut notochord, dua hal yang baru diketahui para ilmuwan.

Mereka juga menemukan bahwa sepertinya makhluk itu adalah pemangsa, tidak mengherankan dengan adanya geraham yang penuh gigi, dan kerabat hidup yang terdekat adalah belut lamprey.

Namun masih ada beberapa pertanyaan yang tersisa, seperti kapan ia muncul dan kapan ia punah. Misteri lain adalah mengapa fosil-fosil Monster Tully hanya ditemukan di satu tempat, yang sekarang merupakan tambang batu bara di Illinois, AS. [hd]

XS
SM
MD
LG