Tautan-tautan Akses

Ilmuwan: Naiknya Permukaan Laut Ancam NASA


Pesawat ulang alik Endeavour terbang dari Kennedy Space Center milik NASA di Florida, tepi Samudera Atlantik. (Foto: Dok)
Pesawat ulang alik Endeavour terbang dari Kennedy Space Center milik NASA di Florida, tepi Samudera Atlantik. (Foto: Dok)

Naiknya permukaan air laut merupakan ancaman terbesar bagi Kennedy Space Center, dan fasilitas-fasilitas lain juga telah mengalami kerusakan parah akibat erosi dan badai.

Para ilmuwan Amerika menyatakan pemanasan global memaksa badan antariksa Amerika NASA untuk membangun tanggul-tanggul di dekat pusat-pusat penelitian dan penerbangan utama di kawasan pesisir Amerika.

Sebuah laporan yang dikeluarkan Union of Concerned Scientists menyatakan naiknya permukaan air laut merupakan ancaman terbesar bagi Kennedy Space Center, pusat antariksa bersejarah di tepian Samudra Atlantik di Florida. Disebutkan bahwa fasilitas-fasilitas lain NASA juga telah mengalami kerusakan parah akibat erosi dan badai.

NASA menyatakan pentingnya lokasi peluncuran di dekat perairan adalah jika penerbangan uji coba yang tengah berlangsung harus dibatalkan atau ada gangguan teknis yang memaksa astronot untuk melakukan penerbangan darurat kembali ke Bumi.

Fasilitas-fasilitas penting NASA lainnya berlokasi di kawasan Teluk Meksiko dan Pasifik.

Laporan itu menyebutkan naiknya permukaan air laut mengancam lokasi-lokasi bersejarah lainnya, termasuk kawasan kolonial Boston, taman-taman nasional Hawaii, serta Liberty Island di kawasan pelabuhan New York.
XS
SM
MD
LG