Tautan-tautan Akses

Ilmuwan Iran yang Dibebaskan AS, Tiba di Oman


Pejabat Oman menyatakan bahwa Mojtaba Atarodi, ilmuwan Iran yang dibebaskan dari penjara AS, telah tiba di Oman (Foto: peta wilayah Oman).

Pejabat Oman menyatakan bahwa Mojtaba Atarodi, ilmuwan Iran yang dibebaskan dari penjara AS, telah tiba di Oman (Foto: peta wilayah Oman).

Pejabat Oman mengatakan Mojtaba Atarodi, seorang ilmuwan Iran yang ditahan oleh Amerika sejak akhir tahun 2011 telah tiba di Oman.

Laporan dari televisi pemerintah Oman hari Jumat (26/4) tidak memberi keterangan lebih jauh terkait pembebasan tersebut. Oman telah berfungsi sebagai perantara antara Washington dan Teheran sebelumnya.

Mojtaba Atarodi, ilmuwan Iran, berada dalam tahanan Amerika sejak Desember tahun 2011 atas tuduhan membeli peralatan teknologi mutakhir yang melanggar sanksi Amerika terhadap Iran.

Kantor berita resmi Iran, IRNA, mengatakan pekan ini bahwa Amerika telah membebaskan Atarodi, seorang pakar mikrochip di Universitas Sharif, Teheran.

Bulan September tahun 2011, dua orang warga Amerika yang dinyatakan bersalah oleh Iran atas tuduhan melakukan spionase telah dibebaskan dan menuju ke Oman, yang juga menjadi tuan rumah bagi anggota ketiga kelompok itu setelah ia dibebaskan setahun sebelumnya. Ketiga warga Amerika itu mengatakan mereka sedang menjelajah alam pegunungan Irak utara dengan jalan kaki, ketika mereka tersesat ke wilayah Iran.
XS
SM
MD
LG