Tautan-tautan Akses

AS

75 Ilmuwan di Laboratorium AS Terkena Bakteri Anthrax


Seorang ilmuwan mengamati sebuah paket yang diduga mengandung spora anthrax. (Foto: Dok)

Seorang ilmuwan mengamati sebuah paket yang diduga mengandung spora anthrax. (Foto: Dok)

Insiden itu terjadi ketika laboratorium kedap bakteri tingkat tinggi gagal melemahkan sampel bakteri yang kemudian digunakan di laboratorium berkeamanan rendah.

Sebanyak 75 ilmuwan yang bekerja dalam laboratorium pemerintah Amerika di Atlanta kemungkinan telah dihinggapi bakteri anthrax hidup.

Para pejabat di Pusat Pengawasan dan Pencegahan Penyakit mengatakan risiko infeksi tampaknya sangat rendah dan orang yang terkena bakteri itu sedang dipantau atau diberi antibiotik sebagai langkah berjaga-jaga terhadap bakteri maut itu.

Insiden itu terjadi ketika laboratorium kedap bakteri tingkat tinggi gagal melemahkan sampel bakteri yang kemudian digunakan di laboratorium berkeamanan rendah yang meneliti cara baru untuk mendeteksi kuman dalam sampel lingkungan.

Para pekerja dalam tiga laboratorium yang kemudian menyentuh sampel yang dapat menularkan bakteri itu, tidak mengenakan alat pelindung yang layak karena mereka yakin sampel-sampel itu sudah dilemahkan.

Anthrax muncul sebagai kemungkinan senjata penghancur massal pada 2001 ketika surat yang ditebari dengan spora atau bibit anthrax dikirim ke organisasi-organisasi media dan kantor beberapa senator Amerika. Lima orang meninggal dunia setelah insiden bio-terorisme itu.
XS
SM
MD
LG