Tautan-tautan Akses

Ilmuwan Ciptakan Otot Buatan yang Kuat

  • Jessica Berman

Serat nilon berbalut logam yang digunakan dalam merancang otot buatan.

Serat nilon berbalut logam yang digunakan dalam merancang otot buatan.

Para peneliti mengatakan otot-otot sintetis dapat digunakan untuk robot manusia, kaki palsu dan eksoskeleton atau kerangka luar kaki yang lumpuh.

Dengan melingkarkan benang pancing polimer berkekuatan tinggi dan benang jahit biasa secara kuat, sebuah tim peneliti internasional telah menciptakan otot-otot buatan berkekuatan manusia super yang dapat dibuat dengan biaya rendah.

"Jika dibandingkan, otot ini memiliki kekuatan seratus kali lebih besar dibandingkan otot alami," ujar Carter Haines, kandidat doktor dari Nanotech Institute di University of Texas, Dallas, yang memimpin tim tersebut.

Satu otot buatan itu dapat mengangkat beban 7,25 kilogram, menurut para ilmuwan. Menulis dalam jurnal Science, Haines mengatakan otot-otot sintetis itu dapat digunakan untuk menggerakkan robot manusia, kaki palsu dan kerangka luar atau eksoskeleton bagi orang-orang yang ototnya sudah mengecil atau lumpuh.

"Kita lihat apakah, daripada menggunakan, misalnya saja kaki palsu, kita dapat menggantikannya dengan sesuatu yang lebih pas pada kaki atau tangan yang telah kehilangan fungsinya," ujarnya.

Menurut laporan tersebut, para ilmuwan mengatakan jalinan benang jahit dengan diameter kurang dari helai rambut manusia juga dapat digunakan untuk aplikasi-aplikasi yang tidak terlalu mebutuhkan tenaga. Misalnya saja, sebuah otot sintetis dapat menggerakkan robot-robot mekanis yang melakukan operasi kecil, ujar Haines.

Saat dipanaskan, otot itu berputar dan berkontraksi untuk menghasilkan tenaga, dan ketika didinginkan, otot menjadi santai. Organ buatan itu dapat diberi tenaga lewat perbedaan suhu atau baterai sederhana.

Ketika dijahit pada kain, Haines mengatakan benang itu dapat membuka pori-pori pakaian ketika panas supaya udara dingin masuk dan sebaliknya menutup pori-pori kain ketika dingin.

Otot-otot itu mudah dibuat, menurut Haines, karena menggunakan bahan-bahan yang dapat dibeli di toko. Murid-murid sekolah yang mempelajari teknologi itu menggunakan otot sintetis untuk proyek-proyek sains sekolah mereka.
XS
SM
MD
LG