Tautan-tautan Akses

Ilmuwan AS Belum Temukan Penyebab Berlanjutnya Kepunahan Amfibi


Binatang amfibi, sejenis katak yang disebut 'American Bullfrog' (Lithobates catesbeianus) ini populasinya terus menurun sejak tahun 1960-an.

Binatang amfibi, sejenis katak yang disebut 'American Bullfrog' (Lithobates catesbeianus) ini populasinya terus menurun sejak tahun 1960-an.

Populasi amfibi di AS telah menurun sejak tahun 1960, menurut USGS, bahkan di daerah di mana mereka dilindungi, seperti taman-taman nasional.

Penurunan populasi hewan jenis amfibi terus "berlanjut", namun para peneliti belum menemukan alasan penyebabnya, menciptakan masalah pelik dalam usaha konservasi.

Dalam jurnal Scientific Reports, para peneliti dari Survei Geologi Amerika (USGS) mengatakan tanpa adanya alasan jelas dari penurunan itu, mencari solusi untuk mengatasinya akan tetap sulit.

"Penerapan rencana konservasi di tingkat lokal akan penting dalam menghentikan penurunan populasi amfibi, karena upaya global untuk menekan atau mengurangi ancaman itu sulit dipahami," kata Evan Grant, peneliti biologi satwa liar di USGS yang memimpin penelitian itu.

"Penelitian ini telah mengubah cara pandang kita untuk konservasi amfibi dengan menunjukkan bahwa tindakan lokal perlu menjadi bagian dari tanggapan global terhadap penurunan amfibi, meskipun tetap ada pertanyaan tentang penyebab kepunahan lokal."

Para peneliti menemukan beberapa penyebab, tetapi penyebabnya berbeda berdasarkan wilayah.

Misalnya, "pengaruh manusia" seperti polusi dari kota-kota dan limbah pertanian disebut sebagai alasan di Sungai Mississippi bagian timur, sementara di daerah Upper Midwest dan New England, kepunahan amfibi tampaknya terkait dengan penyakit, terutama jenis jamur.

Di sebelah timur Sungai Colorado, pestisida ditemukan sebagai penyebab, sedangkan perubahan iklim tampaknya telah merugikan amfibi di seluruh Amerika wilayah Selatan dan Pantai Barat.

Populasi amfibi di AS telah menurun sejak tahun 1960, menurut USGS, bahkan di daerah di mana mereka dilindungi, seperti taman-taman nasional. Para peneliti, menggunakan data yang dikumpulkan di beberapa lokasi sejak tahun 1993, mendapati bahwa populasi amfibi menurun di Amerika pada tingkat rata-rata 3,8 persen per tahun.

Penurunan di beberapa daerah lebih tajam, membuka kemungkinan amfibi benar-benar bisa punah di daerah-daerah tertentu dalam waktu 20 tahun.

"Turunnya 3 atau 4 persen populasi amfibi mungkin tidak dianggap sebagai masalah besar, tapi kerugian kecil dari tahun ke tahun dengan cepat menyebabkan penurunan dramatis dan konsekuensial," kata pakar ekologi Michael Adams di USGS, rekan penulis studi ini dan kepala Inisiatif Penelitian dan Pemantauan Amfibi di USGS.

Sementara penelitian itu tidak menyediakan jawaban yang mudah tentang bagaimana membendung penurunan populasi amfibi, mempersempit penyebab berdasarkan wilayah bisa menjadi langkah pertama dalam memicu tindakan lokal untuk menyelamatkan spesies ini. [zb/ii]

XS
SM
MD
LG