Tautan-tautan Akses

Ilmuwan AS Temukan Bahan untuk Percepat Kerja Keping Komputer


Salah satu sifat yang sangat penting dari keping (chip) komputer sekarang adalah jarak yang harus ditempuh elektron dari satu transistor ke transistor berikut.

Salah satu sifat yang sangat penting dari keping (chip) komputer sekarang adalah jarak yang harus ditempuh elektron dari satu transistor ke transistor berikut.

Transistor yang hanya setebal satu atom jelas akan mengurangi jarak dan waktu yang harus ditempuh sinyal dalam pemrosesan informasi.

Para ilmuwan dari Universitas Texas mengatakan mereka telah mencapai apa yang sebelumnya mungkin hanya dalam teori – satu bentuk silikon setebal satu-atom, bahan yang sangat penting untuk membuat transistor, unsur dasar dari semua keping komputer.

Bahan eksotis itu, yang dinamakan silicene, mempunyai semua sifat listrik yang dibutuhkan untuk membuat semi-konduktor yang lebih kecil dan lebih cepat.

Salah satu sifat yang sangat penting dari keping (chip) komputer sekarang adalah jarak yang harus ditempuh elektron dari satu transistor ke transistor berikut. Transistor yang hanya setebal satu atom jelas akan mengurangi jarak dan waktu yang harus ditempuh sinyal dalam pemrosesan informasi.

Bahan baru itu sangat sulit dikerjakan, tetapi para ilmuwan Universitas Texas mengatakan mereka telah mengembangkan satu teknik untuk menangani silicene, dengan menempatkannya antara dua lapisan pelindung.

Teknik baru itu belum siap untuk diproduksi tetapi para ilmuwan mengatakan ini adalah satu langkah penting menuju keping komputer digital berkecepatan tinggi dan energi rendah.

XS
SM
MD
LG