Tautan-tautan Akses

Ikuti Saran China, Korea Utara Bersedia Mulai Pembicaraan


Utusan Korut Choe Ryong Hae (kiri) melakukan kunjungan ke Beijing, China (22/5).

Utusan Korut Choe Ryong Hae (kiri) melakukan kunjungan ke Beijing, China (22/5).

Utusan Korea Utara Choe Ryong Hae menyatakan kesediaan itu hari Kamis (23/5) kepada seorang pejabat Partai Komunis China di Beijing.

Seorang utusan Korea Utara telah memberitahu seorang pejabat senior China bahwa Pyongyang bersedia menuruti nasihat China untuk memulai pembicaraan dengan tujuan untuk mengatasi ketegangan di semenanjung Korea.

Televisi pemerintah China CCTV melaporkan bahwa utusan Choe Ryong Hae membuat pernyataan itu hari Kamis kepada seorang anggota senior Partai Komunis China, Liu Yunshan, dalam pembicaraan di Beijing.

Liu memberitahu Choe bahwa China berharap semua pihak berusaha untuk membuat semenanjung Korea bebas nuklir, menyelesaikan masalah melalui dialog dan berupaya memulai kembali perundingan enam pihak tentang program nuklir Korea Utara.

Choe, seorang pejabat senior militer Korea Utara, mengunjungi China pada saat hubungan merenggang antara kedua sekutu itu. Ada tanda-tanda bahwa kepemimpinan baru China semakin tidak sabar dengan Korea Utara karena ambisi nuklirnya.

China telah lama mendesak Pyongyang agar kembali ke perundingan enam pihak itu, termasuk Amerika, China, Jepang, Rusia, Korea Utara dan Korea Selatan.
XS
SM
MD
LG