Tautan-tautan Akses

Ikuti Pemilu Italia, Berlusconi Tak Calonkan Diri sebagai PM


Silvio Berlusconi tidak akan mencalonkan diri sebagai PM dalam pemilu Italia mendatang (foto; dok).

Silvio Berlusconi tidak akan mencalonkan diri sebagai PM dalam pemilu Italia mendatang (foto; dok).

Silvio Berlusconi telah menjabat sebagai PM Italia selama tiga kali tetapi tersingkir bulan November 2011 lalu akibat penyalahgunaan kekuasaan.

Mantan pemimpin Italia Silvio Berlusconi mengatakan ia telah mencapai kesepakatan dengan Liga Utara untuk bertarung dalam pemilu bulan depan. Tetapi ia tidak akan menjadi calon perdana menteri.

Silvio Berlusconi mengumumkan aliansi itu dalam sebuah wawancara dengan radio Italia. Dalam konferensi pers, pemimpin Liga Utara Roberto Maroni kemudian mengatakan sebagai bagian dari kesepakatan koalisi itu, Berlusconi tidak akan mencalonkan diri sebagai perdana menteri.

Partai Kebebasan Rakyat PDL pimpinan Silvio Berlusconi telah berkoalisi dengan Liga Utara dalam tiga pemerintahan koalisi sebelumnya.

Beberapa jajak pendapat memperkirakan hasil pemilu 24 Februari nanti bakal menunjukkan bahwa koalisi PDL dan Liga Utara masih membayangi aliansi kiri-tengah yang dipimpin Pier Luigi Bersani.

Silvio Berlusconi telah menjabat selama tiga kali tetapi tersingkir bulan November 2011 lalu akibat penyalahgunaan kekuasaan dan didakwa karena membayar perempuan di bawah umur untuk melakukan hubungan seksual.
XS
SM
MD
LG