Tautan-tautan Akses

Ice Bucket Challenge dan Piala Dunia Terpopuler di Facebook Sepanjang 2014


Facebook

Facebook

Setiap hari, Facebook mencatat saat-saat terbaik dan terburuk kehidupan kita, dari mulai kelahiran, saampai diskusi panas soal politik. Jadi apa topik yang paling dibicarakan di tahun 2014? The Ice Bucket Challenge dan wafatnya Robin Williams, adalah beberapa di antaranya.

Daftar yang dilansir oleh Facebook pada hari Selasa (9/12) adalah bukti jangkauannya yang mengglobal, karena 80 persen pengguna Facebook tinggal di luar AS dan Kanada. Topik dunia, Piala Dunia dan merebaknya wabah Ebola, menduduki dua peringkat teratas. Tapi peringkat ketiga adalah tentang pemilihan presiden Brazil. Menurut Facebook sekitar 48 juta orang melakukan 674 juta interaksi, update status, foto, video, komentar dan likes, tentang pemilihan yang sangat ketat tersebut. Pemilihan presiden Brazil adalah pemilihan yang paling banyak dibicarakan pada tahun 2014 bahkan lebih banyak daripada pemilu sela AS.

"Media sosial membuat dunia menjadi tempat yang lebih kecil dan membangun komunitas dalam tingkat global," kata Sheryl Sandberg, COO atau Direktur Operasional Facebook, dalam sebuah wawancara.

Olahraga, Olahraga, Olahraga

Menurut Sandberg Piala Dunia pantas masuk ke dalam daftar karena acara olahraga yang paling banyak ditonton tersebut juga paling banyak didiskusikan tahun ini. Lebih dari 350 juta orang melakukan 3 milyar interaksi tentang Piala Dunia.

``Menurut sejarah, Piala Dunia dimaksudkan untuk ditonton dari TV Anda, dari jarak jauh," ujarnya. "Tapi Facebook dan media sosial membuatnya lebih sosial dan lebih terhubung."

Setelah cedera punggung memaksa pemain Brazil, Neymar absen di semifinal melawan Jerman, bintang sepakbola tersebut menggunakan Facebook untuk berterima kasih pada penggemarnya atas dukungan dan dorongan semangat bagi teman-teman satu timmnya. Brazil, pada akhirnya, mengalami kekalahan yang spektakuler 7-1.

Jauh dari hingar bingar sepakbola, acara Super Bowl di AS menduduki peringkat 8, dengan lebih dari 50 juta orang membahas pertandingan antara Seattle Seahawks dan Denver Broncos. Dan kalau masih kurang, Olimpiade Musim Dingin Sochi juga masuk ke peringkat 10.

Beramal?

Dari 1 Juni sampai 1 September, pengguna Facebook membagi lebih dari 17 juta video terkait Ice Bucket Challenge, sebuah kampanye yang dirancang untuk meningkatkan kesadaran akan penyakit Lou Gehrig. CEO Facebook Mark Zuckerberg bergabung dengan para selebriti dan pengguna lainnya untuk memasang video mereka yang disiram seember air es. Video-video tersebut dilihat 10 milyar kali oleh lebih dari 440 juta orang. Video mantan Presiden George W. Bush ditonton paling banyak, sebanyak 39 juta kali.

Bagi Sandberg, Ice Bucket Challenge adalah tonggak bersejarah bagi Facebook, karena menyebabkan lonjakan terhadap konten video di situs tersebut.

"Saya pikir Ice Bucket Challenge adalah kali pertama orang-orang menyadari bahwa mereka bisa merekam video dan membagikanya," ujarnya.

Dari tanggal 29 Agustus sampai 27 Agustus, ALS Association mengumpulkan $94 juta, dibandingkan dengan $2,7 juta tahun sebelumnya.

Wabah Ebola juga mencuri perhatian orang-orang tahun ini dan Zuckerberg mendonasikan $25 juta untuk mengatasi wabah ini. Facebook juga memasang tombol donasi yang memudahkan penggunanya untuk mengirimkan uang untuk amal. Facebook tidak memberitahu berapa banyak yang yang berhasil dikumpulkan.

Topik Serius

Anda pikir Facebook hanya tentang anak-anak kucing yang lucu dan daftar BuzzFeed? Sebagian memang, tapi banyak juga diskusi serius yang yang terjadi di Facebook tahun ini. Orang-orang banyak membicarakan tentang konflik di Gaza, misteri lenyapnya pesawat Malaysia Airlines MH370 dan penembakan Michael Brown oleh seorang polisi di Ferguson, Missouri.

Secara kontras, enam dari sepuluh istilah yang paling banyak dicari di Yahoo tahun ini adalah selebriti, seperti Miley Cyrus dan Kim Kardashian, bukti bahwa walaupun orang-orang membahas tentang hal yang serius di media sosial, informasi yang mereka cari bisa saja topik yang remeh temeh.

Tahun Facebook

2014 juga merupakan tahun yang berarti bagi Facebook. Perusahaan yang didirikan di ruang asrama Harvard tersebut berulang tahun yang ke-sepuluh, tahun ini, "dan ini adalah sesuatu yang sangat penting," kata Sandberg. Ia juga mengatakan peluncuran Internet.org, proyek ambisius Facebook untuk menyatukan orang online.

Ia juga mengatakan periklanan mobile, "menjadi hal besar yang memungkinkan kami menjual dan mencapai prestasi seperti ini."

Dunia merambah ke mobile, begitu pula Facebook, satu kepastian di tahun 2015.

Sumber: AP

XS
SM
MD
LG