Tautan-tautan Akses

ICC Tuduh Boko Haram Lakukan Kejahatan atas Kemanusiaan di Nigeria


Boko Haram dituduh melancarkan serangan luas dan sistematis yang menewaskan lebih dari 1.200 warga sipil Nigeria sejak 2009 (foto: dok).

Boko Haram dituduh melancarkan serangan luas dan sistematis yang menewaskan lebih dari 1.200 warga sipil Nigeria sejak 2009 (foto: dok).

Mahkamah Kejahatan Internasional (ICC) menuduh militan Boko Haram melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan di Nigeria, terutama pembunuhan dan persekusi.

Kantor jaksa penuntut Fatou Bensouda mengatakan, ada dasar yang masuk akal untuk meyakini bahwa Boko Haram telah melancarkan serangan luas dan sistematis yang menewaskan lebih dari 1.200 umat Kristen dan Muslim sejak pertengahan tahun 2009.

Laporan yang dibocorkan ke media itu merekomendasikan agar pihak berwenang Nigeria mengadili kasus-kasus kejahatan itu, dan kalau tidak, Mahkamah Kejahatan Internasional dapat melakukannya sendiri.

Menyangkut tuduhan bahwa badan-badan keamanan Nigeria juga melakukan pelanggaran hak asasi, laporan itu menegaskan bahwa tidak ada indikasi bahwa tindakan-tindakan yang dituduhkan itu merupakan bagian kebijakan pemerintah atau organisasi untuk menyerang penduduk.

Bulan lalu, organisasi HAM Human Rights Watch mengatakan bahwa konflik antara Boko Haram dan pemerintah Nigeria telah menewaskan lebih dari 2.800 orang sejak 2009, dan 1.300 diantaranya karena perbuatan pasukan keamanan Nigeria.
XS
SM
MD
LG