Tautan-tautan Akses

ICC: Kematian Gaddafi Mungkin adalah Kejahatan Perang


Ketua jaksa Mahkamah Kejahatan Internasional (ICC), Luis Moreno-Ocampo (tengah) saat berkunjung ke ibukota Libya, Tripoli (22/11).

Ketua jaksa Mahkamah Kejahatan Internasional (ICC), Luis Moreno-Ocampo (tengah) saat berkunjung ke ibukota Libya, Tripoli (22/11).

Jaksa Mahkamah Kejahatan Internasional (ICC) mengatakan ada kecurigaan serius bahwa kematian pemimpin Libya Moammar Gaddafi adalah kejahatan perang.

Ketua jaksa Mahkamah Kejahatan Internasional (ICC), Luis Moreno-Ocampo mengatakan demikian hari Kamis (15/12) pada jumpa pers di markas PBB di New York, seusai memberikan penjelasan kepada Dewan Kemanan.

Moreno-Ocampo mengatakan ICC bertanya kepada pemerintahan sementara Libya bagaimana mereka berencana akan menyelidiki dugaan kejahatan perang itu, termasuk yang dilakukan oleh pasukan revolusioner.

Gaddafi ditangkap dan dibunuh bulan Oktober dalam keadaan yang tidak jelas. Rekaman video dan keterangan saksi mata menunjukkan dia masih hidup setelah ditangkap, tetapi kemudian terlihat berdarah dan dipukuli tidak lama sebelum dia meninggal.

Para pemimpin Dewan Transisi Nasional Libya (NTC) telah mendapat tekanan kuat dari sekutu-sekutu Barat untuk menyelidiki keadaan kematian Gaddafi.

Moreno-Ocampo mengatakan ICC juga bekerjasama dengan NTC pada kasus putera Gaddafi, Seif al-Islam Gaddafi, serta mantan kepala intelijen Libya, Abdullah al-Senoussi. Keduanya ditangkap dan sedang menghadapi tuduhan atas peran mereka dalam pemberontakan.

Seif Gaddafi menjadi tahanan pihak berwenang di Libya, dan NTC mengatakan akan mengadilinya di dalam negeri Libya.

ICC ingin memastikan bahwa pemerintah sementara Libya mampu memberikan Seif Gaddafi pengadilan yang adil. Hakim ICC telah meminta NTC untuk menginformasikan kepada mereka tentang rencana pengadilan itu sebelum 10 Januari. Para hakim ICC akan memutuskan di mana Seif Gaddafi akan diadili, jika pemerintah Libya berusaha mengadilinya sendiri dan tidak menyerahkannya kepada wewenang ICC.

Kematian Gaddafi dan pengadilan terhadap Seif Gaddafi adalah bagian dari penyelidikan ICC yang lebih luas mengenai berbagai tuduhan kejahatan perang yang dilakukan, baik oleh pasukan pro-Gaddafi, maupun para pejuang revolusioner dan NATO.

XS
SM
MD
LG