Tautan-tautan Akses

Ibukota Thailand Tenang Jelang Ulang Tahun Raja


Para demonstran anti-pemerintah menyapu jalan di depan Monumen Demokrasi di Bangkok, Thailand (4/12). (AP/Vincent Thian)

Para demonstran anti-pemerintah menyapu jalan di depan Monumen Demokrasi di Bangkok, Thailand (4/12). (AP/Vincent Thian)

Banyak dari demonstran anti-pemerintah kembali ke jalan-jalan, tetapi kali ini untuk membantu membersihkan kota menjelang perayaan tersebut.

Ibukota Thailand tenang pada Rabu (4/12) karena para demonstran anti-pemerintah mematuhi permintaan penghentian protes menjelang perayaan hari kelahiran raja yang sangat dihormati.

Banyak dari mereka yang telah berhari-hari berusaha menggulingkan pemerintah kembali ke jalan-jalan, tetapi kali ini untuk membantu membersihkan kota menjelang perayaan tersebut.

Boonyanut Dwaunglahon adalah salah seorang yang menyapu jalan-jalan di Monumen Demokrasi, dimana puluhan ribu orang demonstran anti-pemerintah telah berkemah. Ia mengatakan, acara membersihkan jalan itu untuk menunjukkan bahwa rakyat mencintai rajanya.

Raja Bhumibol Adulyadej, yang dihormati secara luas di Thailand, akan genap berusia 86 tahun Kamis.

Para pemimpin oposisi bertekad untuk meneruskan protes Jumat, dengan mengatakan mereka tidak akan berhenti sampai Perdana Menteri Yingluck Shinawatra menyerahkan kekuasaan kepada dewan yang dipilih.
XS
SM
MD
LG