Tautan-tautan Akses

Ibu Negara Zimbabwe Tingkatkan Pengaruh Politik


Ibu Negara Zimbabwe, Grace Mugabe, berpidato dalam sebuah kampanye di Chinhoyi, sekitar 120 kilometer dari barat Harare, Oktober 2014. (AP/Tsvangirayi Mukwazhi)

Ibu Negara Zimbabwe, Grace Mugabe, berpidato dalam sebuah kampanye di Chinhoyi, sekitar 120 kilometer dari barat Harare, Oktober 2014. (AP/Tsvangirayi Mukwazhi)

Grace Mugabe menjadi ketua baru sayap perempuan partai berkuasa, yang juga memberinya kursi dalam Politbiro, komisi tinggi pengambil keputusan dalam partai.

Partai yang berkuasa di Zimbabwe mengukuhkan Ibu Negara Grace Mugabe sebagai ketua baru sayap perempuan partai tersebut - tanda pengaruh politiknya yang semakin meningkat di negara di Afrika bagian selatan itu.

Partai ZANU-PF menunjuk Nyonya Mugabe untuk jabatan barunya Sabtu (6/12) dalam konferensi tahunan partai itu, yang dihadiri ribuan pendukung di Harare. Jabatan baru itu juga memberinya kursi dalam Politbiro, komisi tinggi pengambil keputusan dalam partai yang berkuasa itu.

Sebelumnya tahun ini, Grace Mugabe meluncurkan kampanye melawan Wakil Presiden Joice Mujuru.

Kampanye itu semakin gencar pekan ini ketika Presiden Robert Mugabe menuduh Mujuru, bersama diplomat-diplomat Amerika berencana menggulingkannya.

Pernah dianggap sebagai bakal pengganti Mugabe, 90, Mujuru telah dipecat dari jabatan wakil ketua partai, meskipun sekarang ia mempertahankan posisinya sebagai wakil presiden negara itu.

Mugabe minggu ini terpilih kembali untuk masa jabatan lima tahun sebagai ketua partai. Anggota ZANU-PF juga memberinya wewenang untuk memilih wakil ketua partai dan jabatan tinggi lain.

XS
SM
MD
LG