Tautan-tautan Akses

Ibu Negara China Timbulkan Kehebohan di Kalangan Mode


Presiden China Xi Jinping dan ibu negara Peng Liyuan saat tiba di bandar udara Vnukovo II, di luar kota Moskow. (AP/Ivan Sekretarev)

Presiden China Xi Jinping dan ibu negara Peng Liyuan saat tiba di bandar udara Vnukovo II, di luar kota Moskow. (AP/Ivan Sekretarev)

Berkat gaya busana elegan dan kesenangan memakai perancang mode lokal, ibu negara Peng Liyuan menimbulkan pujian dari penggemar mode China.

Pilihan busana ibu negara China yang baru, Peng Liyuan, telah menimbulkan kegembiraan di kalangna mode tanah air, sebuah fenomena tidak biasa di sebuah negara dengan tokoh politik berpakaian seadanya dan para istri biasanya menghindari sorotan lampu.

Foto-foto Peng, 50, turun dari pesawat bergandengan tangan dengan suaminya Presiden Xi Jinping di Moskow akhir pekan lalu telah tersebar secara luas di Internet China, memunculkan pujian atas gayanya yang sederhana dan elegan.

Para penulis blog mode dengan mata tajam seperti elang mengenali tas dan mantel panjang hitam yang ia kenakan sebagai rancangan label Exception asal Guangzhou. Merek tersebut digambarkan sebagai salah satu label independen ternama di China dengan rancangan sederhana namun unik yang menonjol dalam industri yang didominasi oleh tiruan desain dari Barat.

“Ibu-ibu negara merupakan duta besar budaya dan desain dan kekuatan ‘soft power’ suatu negara. Saya senang ia memilih memakai produk China dan mengambil peran sebagai juru bicara rancangan China,” ujar Hong Huang, penerbit majalah mode iLook dan salah satu penulis blog mikro paling terkenal di China.

Hong mengatakan terlalu dini untuk menyatakan bahwa penampilan publik Peng menandakan ia akan memainkan peran lebih signifikan dalam politik China dibandingkan para pendahulunya, yang jarang sekali terlihat.

“Bagus juga bahwa China akhirnya memiliki ibu negara yang sangat cantik dan diharapkan dapat berbicara lebih dan melengkapi apa yang ingin disampaikan Xi dengan cara selayaknya ibu negara lakukan,” ujar Hong.

Peritel daring telah mengasosiasikan produk-produk mereka dengan “gaya Peng Liyuan,” dan pencarian dengan kata kunci tersebut menghasilkan daftar tas tangan dan jas, yang banyak diantaranya bahkan tidak mirip sama sekali dengan yang ia pakai. Lalu lintas daring yang padat ke laman Exception telah membuatnya rusak sejak Jumat (22/3), dan baru benar sebagian pada Senin.

Pengaruh yang diberikan Peng, penampil terkenal di televisi pemerintah, terhadap mode memperlihatkan kesamaan dengan tren-tren yang ditimbulkan oleh putri Inggris Duchess of Cambridge, alias Kate Middleton, yang telah membantu desainer Brazil Issa mendapat perhatian dunia. Ibu negara AS Michelle Obama juga membuat desainer Jason Wu dikenal di seluruh dunia karena memakainya pada pelantikan presiden bulan lalu.

Exception terlihat bersiap melakukan langkah berikutnya. Politik di China secara tradisional sangat tertutup dan perusahaan tersebut berisiko menimbulkan reaksi karena mengasosiasikan diri terlalu publik dengan istri kepala negara.

Beberapa pihak yang lebih konservatif dalam Partai Komunis mungkin tidak suka melihat komersialisasi citra ibu negara atau mengkritik perhatian berlebihan seperti dalam masyarakat yang materialistis.

Exception didirikan pada pertengahan 1990an oleh pasangan yang sama-sama mencintai desain dan band rock legendaris The Ramones, menurut Hong. Label tersebut telah berkembang menjadi merek kelas atas dengan hampir 100 toko dan konter ritel di China.

Meski Exception tidak berkomentar sedikit pun di publik, para pengamat dunia mode China merayakan perhatian terhadap label tersebut dan, terlebih lagi, munculnya profil ibu negara yang populer.

“Untuk pertama kalinya ibu negara China tampil seperti perempuan modern. Ia berpakaian sangat baik, dengan selera tinggi dan kepercayaan diri,” ujar Zhang Yu, editor majalah Vogue edisi China. "Setelah bertahun-tahun lamanya, akhirnya kita memiliki ibu negara yang dapat merepresentasikan kita secara pantas. Menurut saya, ini peristiwa bersejarah.” (AP/Gillian Wong)
XS
SM
MD
LG