Tautan-tautan Akses

Ibu Negara AS Dukung Pertukaran Pelajar


Ibu Negara AS Michelle Obama (kanan) dan Akie Abe, istri Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, berkunjung ke Great Falls Elementary School di Great Falls, Virginia, 28 April 2015.

Ibu Negara AS Michelle Obama (kanan) dan Akie Abe, istri Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, berkunjung ke Great Falls Elementary School di Great Falls, Virginia, 28 April 2015.

Michelle Obama mengatakan hari Selasa (28/4) bahwa semua siswa Amerika harus mempunyai kesempatan untuk berinteraksi dengan siswa-siswa dari negara lain agar mereka bisa belajar tentang satu sama lain dan menyadari apa kesamaan yang mereka miliki, dan tidak hanya fokus pada perbedaan antara mereka.

Ibu negara tersebut mengatakan pada anak-anak sekolah dasar Northern Virginia yang belajar bahasa Jepang dan sambil belajar bahasa Jepang, mereka juga tahu bahwa siswa Jepang suka dengan hal yang sama seperti mereka: berkumpul bersama teman, bersenang-senang, berolahraga, mendengarkan musik dan membaca.

“Saya semua anak-anak muda di Amerika bisa punya kesempatan untuk berinteraksi dengan anak-anak dari negara lain, dan kalian belajar tentang kehidupan masing-masing dan kalian mengerti tentang harapan dan impian masing-masing, supaya kalian bisa melihat langsung, bahwa kita semua dari berbagai belahan dunia memiliki banyak kesamaan," ujarnya di Great Falls Elementary School.

Sekolah tersebut mempunyai program di mana beberapa siswa bisa belajar tentang sains, matematika dan kesehatan dalam bahasa Jepang.

Dan menurut Karen Garza, pengawas sekolah-sekolah di Fairfax County, sekitar separuh siswa sekolah itu lulus dengan kemampuan berbahasa paling tidak dua bahasa.

“Ini harus kita jadikan contoh dalam pendidikan anak-anak di Amerika ini," kata Ibu Obama.

Ibu Obama, yang melakukan kunjungan kenegaraan ke Jepang bulan Maret lalu, ditemani oleh Ibu Negara Jepang Akie Abe berkunjung ke sekolah itu. Suami Abe, Perdana Menteri Shinzo Abe, sedang bertemu dengan Presiden Barack Obama di Gedung Putih. Makan malam kenegaraan juga direncanakan untuk Abe pada hari Selasa (28/4).

Ibu Obama mengatakan para siswa melakukan pekerjaan penting.

“Kalian punya peran penting untuk membawa kedua negara kita lebih dekat," kata ibu negara setelah ia dan Ibu Abe mendengarkan anak-anak menyanyikan lagu “It's a Small World” dalam bahasa Jepang. Mereka juga ikut menari taiko yang bergemuruh.

Ibu Abe, yang berbicara melalui penerjemah, memuji anak-anak tersebut atas ketertarikan mereka terhadap Jepang.

XS
SM
MD
LG