Tautan-tautan Akses

AS

Ibu Hamil Peroleh Popok Gratis Jika Berhenti Merokok


Sebuah program kesehatan di Ohio, AS menawarkan popok gratis kepada ibu hamil yang berhenti merokok (foto: ilustrasi).

Sebuah program kesehatan di Ohio, AS menawarkan popok gratis kepada ibu hamil yang berhenti merokok (foto: ilustrasi).

Sebuah program kesehatan di negara bagian Ohio, AS menawarkan popok gratis kepada para ibu hamil yang bersedia berhenti merokok total.

Ibu hamil yang merokok di salah satu kabupaten di negara bagian Ohio bisa memperoleh popok gratis jika berhenti merokok secara permanen lewat program kesehatan baru.

Menurut jurnal Akron Beacon, program “Summit County’s Baby & Me-Tobacco Free” ditujukan untuk mengurangi kelahiran prematur dan kematian bayi, setelah beberapa studi menunjukkan kaitan antara merokok saat hamil dengan kelahiran prematur dan masalah-masalah kesehatan bayi.

Insentif program ini bisa mencapai ratusan dolar untuk setiap ibu yang berhenti merokok. Ibu hamil yang merokok bisa memperoleh kartu bernilai 25 dolar setiap bulan – selama satu tahun – jika mereka berhenti merokok, menghadiri sedikitnya empat kali diskusi kelompok pendukung dan membuktikan bahwa mereka bebas rokok dengan mengikuti uji karbon-monoksida bulanan setelah anak mereka lahir.

Brittney Lykes yang sedang menantikan kelahiran bayi kembarnya musim panas nanti bisa memperoleh dua kartu sekaligus jika ia berhasil berhenti merokok.

Lykes – yang juga sudah memiliki satu anak lainnya – mengatakan ia biasanya merokok setengah bungkus setiap satu atau dua hari, tetapi telah mengurangi hingga menjadi satu rokok per hari dan berharap bisa benar-benar berhenti merokok sebelum bayi kembarnya lahir.

Anggaran yang disiapkan untuk program lokal ini mencapai 61 ribu dolar dan didanai dari anggaran negara bagian, setelah mengikuti contoh program serupa yang diluncurkan di Jamestown New York 14 tahun lalu.

Penggagas dan direktur program ini – Laurie Adams – mengatakan kepada Associated Press, program ini memberi pesan positif untuk membantu mendukung para ibu yang berupaya berhenti merokok.

XS
SM
MD
LG