Tautan-tautan Akses

IBM, Harvard Kerjasama Ciptakan Sel Surya Generasi Berikut


Hambatan terbesar bagi penggunaan sel surya yang lebih luas adalah rendahnya efisiensi, sekitar 19 persen untuk sel silikon komersial standar (foto: ilustrasi).
Hambatan terbesar bagi penggunaan sel surya yang lebih luas adalah rendahnya efisiensi, sekitar 19 persen untuk sel silikon komersial standar (foto: ilustrasi).

Proyek Energi Bersih kerjasama IBM dan Universitas Harvard telah mengumpulkan sekitar 2,3 juta kandidat senyawa untuk sel listrik organik, yang dapat diakses online secara gratis.

Para ilmuwan dari Universitas Harvard dan Perusahaan IBM berencana menggunakan ribuan komputer pribadi yang sedang tidak digunakan untuk mencari bahan sel surya generasi berikutnya.

Para peneliti Proyek Energi Bersih akan meminta sejumlah relawan dari Jaringan Komunitas Dunia IBM untuk menciptakan sebuah "superkomputer virtual" untuk mempelajari jutaan senyawa kimia untuk mengidentifikasi senyawa yang bisa menghasilkan energi surya dengan lebih efisien.

Raksasa komputer Amerika, IBM, memiliki apa yang disebut World Community Grid, sebuah jaringan komputer pribadi di seluruh dunia, yang dapat digunakan untuk penelitian ilmiah ketika sedang tidak digunakan oleh pemiliknya - misalnya pada malam hari.

Proyek Energi Bersih telah mengumpulkan sekitar 2,3 juta kandidat senyawa untuk sel listrik organik, yang dapat diakses online secara gratis.

Hambatan terbesar bagi penggunaan sel surya yang lebih luas adalah rendahnya efisiensi, sekitar 19 persen untuk sel silikon komersial standar. Bahan-bahan lain lebih efisien, tetapi biayanya mahal.

Para ilmuwan di Universitas Harvard berharap dapat menemukan bahan-bahan organik baru yang lebih efisien dan lebih murah untuk diproduksi dan dirakit.

Para relawan Jaringan Komunitas Dunia pernah membantu para ilmuwan dalam proyek-proyek seperti upaya melawan AIDS, kanker anak dan malaria.
XS
SM
MD
LG