Tautan-tautan Akses

IAEA Harapkan Iran Segera Tandatangani Perjanjian


Direktur Badan Atom PBB (IAEA) Yukiya Amano dalam suatu jumpa pers setibanya dari Teheran di bandara internasional Wina (22/5).

Direktur Badan Atom PBB (IAEA) Yukiya Amano dalam suatu jumpa pers setibanya dari Teheran di bandara internasional Wina (22/5).

Ketua badan nuklir PBB menyatakan harapannya agar Iran menandatangani kesepakatan dengan Badan Energi Atom Internasional dalam waktu dekat.

Ketua Badan Nukir PBB (IAEA) Yukio Amano di Wina mengatakan masih ada beberapa perbedaan yang harus diselesaikan, Selasa (22/5). Amano baru saja kembali dari Teheran, menghadiri pembicaraan dengan perunding nuklir Iran, Saeed Jalili, dan kepala organisasi energi nuklir Iran, Fereydoon Abbasi-Davani.

Ini merupakan perjalanan pertama Amano ke Iran sejak menjabat sebagai ketua badan nuklir PBB itu pada tahun 2009. Amano diperkirakan akan membahas sengketa Iran dengan PBB terkait akses ke fasilitas Iran yang diduga digunakan sebagai kedok untuk program senjata nuklir.

Iran berulang kali telah menolak permintaan IAEA untuk memeriksa kompleks militer Parchin sebagai tanggapan atas tuduhan Barat mengenai penelitian senjata atom di pangkalan itu. Teheran mengatakan pangkalan itu hanya menyimpan senjata konvensional dan menegaskan program nuklir Iran bertujuan damai.

Seusai pembicaraan tersebut, Jalili mengatakan dia dan Amano berdiskusi dengan baik mengenai bagaimana bekerja sama dalam perlucutan senjata nuklir global, menghentikan penyebaran senjata nuklir dan mendukung hak-hak negara anggota IAEA.

Jalili tiba di Baghdad, Irak, Senin malam menjelang pembicaraan nuklir dengan negara-negara kuat dunia pada hari Rabu.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG